KM Bukit Raya yang Bakal Jadi Tempat Isolasi COVID-19 Tiba di Pelabuhan Belawan Medan
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

MEDAN - Kapal Motor (KM) Bukit Raya milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) yang akan dijadikan tempat isolasi terpusat (Isoter) tiba di Pelabuhan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Kepala Cabang PT Pelni Medan Agus Nugroho mengatakan kapal tersebut saat ini belum dapat difungsikan sebagai tempat isolasi, karena masih akan dilakukan penataan dan perubahan bentuk dalam kapal untuk penyesuaian sehingga dapat difungsikan sesuai kebutuhan lokasi isoter.

"Ini harus disiapkan dulu mulai dari penyekatan tempat tidur hingga perlengkapan medis, itu nanti Pemko Medan," katanya dikutip Antara, Senin, 16 Agustus.

Agus mengatakan, KM Bukit Raya ini memiliki kapasitas 970 tempat tidur. Namun yang diperuntukkan untuk pasien COVID-19 hanya sekitar 450 tempat tidur.

"Karena kan harus physical distancing (pembatasan jarak fisik-red)," ujarnya.

Sebelumnya, Pemko Medan akan menjadikan KM Bukit Raya milik PT Pelni ini sebagai tempat isoter untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus dan memudahkan penanganan pasien COVID-19.

Kapal ini nantinya digunakan untuk merawat pasien positif COVID-19 dengan gejala ringan dan kategori orang tanpa gejala (OTG).