Strategi Baru Polda Metro Penuhi Target Vaksinasi Warga Jakarta
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus (Foto: Rizki/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Polda Metro Jaya menyiapkan strategi baru agar bisa memenuhi target vaksinasi 100 persen warga Jakarta pada 17 Agustus mendatang. Caranya dengan menggelar vaksinasi door to door.

"Nanti kami akan rencanakan di akhir itu kita lakukan vaksinasi door to door untuk Jakarta," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Rabu, 11 Agustus.

Strategi vaksinasi door to door itu akan diterapkan saat waktu mendekati 17 Agustus. Strategi ini dilakukan untuk mempermudah warga yang tidak bisa menjalani vaksinasi karena terkendala keterbatasan.

"Kalau ada yang masih nggak datang ke sana dengan keterbatasan, misalnya mereka sakit atau tidak bisa jalan dan lain sebagainya," kata Yusri.

Dalam penerapan strategi ini, peran RT/RW serta relawan akan dikedepankan. Sebab, mereka yang paling tahu siapa yang belum divaksin karena keterbatasan.

"Kita kedepankan adalah teman-teman relawan RT RW disitu yang tau mana warganya yang memang belum divaksin tapi tidak bisa mendatangi gerai vaksin walaupun sudah dekat, kami akan siapkan semuanya, jadi kami akan jemput bola ke sana," tandas Yusri.

Sebelumnya diberitakan, Polda Metro Jaya menargetkan untuk memvaksin sekitar tiga ratus ribu warga DKI Jakarta hingga 17 Agustus. Sehingga, para hari kemerdekaan Indonesia, seluruh masyarakat sudah tervaksin COVID-19.

"Sisa cakupan vaksinasi yang harus dipenuhi oleh Jakarta adalah sebesar 311.122 ini yang akan kita kejar terus sehingga kita bisa mencapai target dari Kemenkes," ucap Kasatgas Vaksinasi Merdeka Polda Metro Jaya Kombes Herukoco kepada wartawan, Rabu, 11 Agustus.

Berdasarkan data per 10 Agustus, sekitar 8,6 juta orang sudah divaksin dari total warga Jakarta sebanyak 8,9 juta. Sehingga, persentase vaksinasi mencapai 96,5 persen.

"Mencapai angka 8.630.089 orang atau 96,5 persen dari target yang telah ditetapkan oleh Kemenkes yakni 8.941.211 orang," kata Herukoco.