Tanah Bumbu Kalsel Bangun Rumah Sakit Darurat COVID-19
ILUSTRASI/UNSPLASH

Bagikan:

TANAH BUMBU - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membangun rumah sakit darurat untuk menangani pasien yang terpapar COVID-19 di "Bumi Bersujud" itu.

"Rumah sakit darurat khusus untuk pasien yang terpapar COVID-19," kata Bupati Tanah Bumbu H. dr Zairullah Azhar di Batulicin dikutip Antara, Selasa, 10 Agustus.

Rumah sakit tersebut terletak di Kelurahan Gunung Tinggi dan tak jauh dari perkantoran yang tepatnya di samping Masjid Agung Nurussalam.

Rumah sakit darurat tersebut dulunya merupakan Gedung Mahligai Bersujud atau gedung serba guna, namun kini dimanfaatkan menjadi rumah sakit darurat mengingat kasus COVID-19 di seluruh wilayah yang terus meningkat.

Kapasitas rumah sakit tersebut mampu menampung calon pasien sekitar 104 orang yang dilengkapi dengan tempat tidur, dan setiap ruangan diisi empat bed untuk empat orang.

Menurut Bupati, dalam satu bulan terakhir ini terus mengalami peningkatan kasus COVID-19 yang cukup signifikan.

"Oleh sebab itu, kita mengantisipasi denga cara membuat rumah sakit darurat ini, sebab rumah sakit umum daerah tidak mampu lagi untuk menampung," ujar Zairullah Azhar.

Selain itu, desa dan kecamatan saat ini juga sudah menyiapkan rumah karantina. Untuk fasilitas rumah sakit darurat ini juga akan terus penuhi guna kenyamanan pasien Sehingga saat mereka dirawat, bisa segera sembuh.

Bupati juga berharap agar masyarakat lebih sadar akan pentingnya protokol kesehatan sehingga tidak mudah terpapar dengan virus corona.