Pemerintah Percepat Vaksinasi COVID-19 di Papua Jelang PON
Venue Istora Papua Bangkit/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah akan mempercepat pemberian vaksinasi COVID-19 di Papua jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang berlangsung pada 2-15 Oktober mendatang.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan percepatan vaksinasi ini didasari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

"Khusus untuk 5 kabupaten/kota jadi Kabupaten Jayapura; Kota Jayapura; Kabupaten Keerom; Merauke; dan Mimika itu sudah dikeluarkan Inmendagrinya untuk segera dilakukan vaksinasi lengkap," kata Budi dalam konferensi pers secara daring yang ditayangkan Senin, 9 Agustus.

Seluruh kegiatan vaksinasi di 5 kabupaten/kota di Papua itu diminta rampung sebelum September.

"Karena persiapan PON," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah juga akan memprioritaskan vaksin di 45 kabupaten/kota luar Pulau Jawa-Bali. Hal ini dilakukan akibat peningkatan kasus positif COVID-19 selama beberapa pekan terakhir.

Selain itu, pemerintah juga meminta 7 wilayah anglomerasi di Jawa-Bali harus bisa menyelesaikan vaksinasi hingga 70 persen. Kata Budi, seluruh proses vaksin COVID-19 harus rampung pada September mendatang.

Kemenkes juga akan meningkatkan kemampuan testing hingga 300 bahkan 400 ribu spesimen per harinya untuk menekan angka positivity rate. Berikutnya, tracing juga akan diperkuat apalagi saat ini pelaksanaannya sudah dibantu oleh TNI dan Polri.