IHSG Kamis Dibuka Melemah 0,36 Persen ke Level 4.969,88
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah tipis pada perdagangan Kamis 18 Juni. IHSG dibuka melemah 0,36 persen atau 17,90 poin ke level 4.969,88.

Membuka perdagangan, 24 saham menguat, 64 saham melemah, dan 64 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 42,17 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp16,53 miliar.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama memprediksi IHSG hari ini akan bergerak menguat. Berdasarkan analisisnya secara teknikal, area resistance pada perdagangan hari ini berada pada rentang level 5.097 hingga 5.172. Sedangkan area support indeks hari ini ada di rentang level antara 4.865 hingga 4.778.

"Ada potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat," kata Nafan dalam risetnya.

Adapun sejumlah rekomendasi saham yang dapat menjadi pertimbangan investor, antara lain PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST), PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL), PT Indika Energy Tbk (INDY), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi juga memprediksi IHSG masih pada momentum positif dan berpotensi menguji area resistance. Area support dan resistance pergerakan indeks hari ini diprediksi ada di rentang level antara 4.950 hingga 5.100.

"Selanjutnya investor akan menanti keputusan BI pada suku bunga, yang diperkirakan terpangkas 25 basis poin menjadi 4,25 persen dari 4,50 persen," kata Lanjar.

Saham-saham yang dapat dicermati investor pada perdagangan hari ini antara lain, PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), dan PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG). Kemudian, investor juga bisa mencermati saham PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN), PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), dan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN).