Eks Bandara Beringin di Barito Utara Jadi Tempat Isolasi Mandiri
Bupati Barito Utara Nadalsyah (kiri) didampingi Wabup Sugianto Panala Putra dan pejabat lingkup Pemkab meninjau tenda isolasi terpadu tempat para isoman bergejala ringan di Bandara Beringin Muara Teweh/ Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menjadikan bekas Bandara Baringin atau bandara lama yang tidak difungsikan di Jalan Pendreh Muara Teweh menjadi tempat isolasi terpadu bagi pasien COVID-19 bergejala ringan.

"Kita sediakan bagi pasien atau penderita COVID-19 yang tidak bergejala maupun bergejala ringan, tetapi untuk yang bergejala sedang dan berat tetap di isolasi di RSUD Muara Teweh," kata Bupati Barito Utara Nadalsyah di sela meninjau lokasi terpadu isoman di Bandara Beringin Muara Teweh, Senin.

Menurut dia, saat ini BPBD Barito Utara telah mendirikan satu tenda besar dan dua tenda kecil di depan ruang VIP Bandara Beringin. Selain tenda-tenda yang didirikan, direncanakan ruang VIP bandara dan ruang terminal akan digunakan sebagai tempat para isoman.

Dibangunnya tempat isolasi terpadu ini, kata dia, diharapkan kecukupan nutrisi serta kesehatan dari pasien dapat terpantau oleh tim kesehatan.

"Kita harapkan para isoman dapat segera pulih kesehatannya dan memudahkan pemeriksaan serta data-data dari para isoman dapat terpantau," kata Nadalsyah.

Bupati juga mengharapkan agar masyarakat di daerah ini tidak takut untuk melaporkan diri. "Jangan sampai sudah memasuki gejala sedang atau berat baru memeriksa ke fasilitas kesehatan, baik Puskesmas maupun RSUD," katanya.

Saat ini, kata Nadalsyah, stigma di masyarakat, bila masih bergejala ringan lebih baik isolasi di rumah masing-masing. "Kita berikan fasilitas kepada mereka, baik cakupan nutrisi maupun pemeriksaan kesehatan oleh tenaga kesehatan. Apabila tidak ada peningkatan gejala dan dinyatakan sembuh, pasien dapat pulang ke rumahnya," ujar Nadalsyah.

Saat melakukan peninjauan, Direktur PT Mitra Barito Grup Akhmad Gunadi memberikan bantuan 10 buah dispenser dan konsumsi bagi para pasien yang berada di tempat isolasi mandiri terpadu yang baru dibangun.