Jokowi Ucapkan Terima Kasih untuk Rakyat dan Apresiasi Tenaga Kesehatan
Presiden Jokowi (Youtube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih kepada rakyat saat mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Ucapan ini disampaikan karena dukungan dan pengertian yang diberikan selama pembatasan dilakukan.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada rakyat Indonesia atas pengertian dan dukungannya terhadap pelaksanaan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat yang kita lakukan," kata Jokowi dalam keterangan video yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 2 Agustus.

Jokowi juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada tenaga kesehatan yang jadi garda terdepan dalam penanganan pandemi COVID-19.

Jokowi mengaku pemerintah memang sulit mengambil kebijakan dalam kondisi saat ini. Apalagi, kondisi masyarakat saat ini menghadapi ancaman keselamatan jiwa akibat COVID-19 dan ekonomi karena kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan.

Atas alasan inilah, eks Gubernur DKI Jakarta ini ingin memastikan gas dan rem dalam penanganan COVID-19 dilakukan secara dinamis. Kedinamisan ini penting karena penanganan pandemi harus didasari data terbaru.

"Kita tidak bisa membuat kebijakan yang sama dalam durasi panjang. Kita harus menentukan derajat mobilitas masyarakat sesuai data di hari terakhir agar pilihan kita tepat baik untuk kesehatan maupun perekonomian," tegas Jokowi.

Meski begitu, dia mengingatkan masyarakat dan semua pihak harus melaksanakan protokol kesehatan. Hal ini penting demi mencegah penularan COVID-19.

"Dalam situasi apa pun kedisplinan dalam melaksanakan protokol kesehatan adalah kunci bagi kesehatan dan mata pencaharian masyarakat," pungkasnya.