Gibran Ingin Ekonomi Membaik Usai PPKM Diperlonggar
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (DOK Pemkot Surakarta)

Bagikan:

SOLO  - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menginginkan sektor ekonomi segera berjalan pascapelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

"Sekarang sudah mulai ada beberapa usaha PKL (pedagang kaki lima) yang buka, pasar-pasar yang sebelumnya tutup sudah mulai beraktivitas," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Rabu.

Dia berharap agar para pedagang maupun pembeli tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Jangan sampai pelonggaran SE (surat edaran tentang PPKM) justru berdampak pada kenaikan kasus COVID-19 di Solo," sambungnya.

Disinggung mengenai berkurangnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari kontribusi retribusi pasar tradisional selama bulan Juli, dikatakannya, menjadi risiko dari pengetatan aturan untuk menekan laju kasus COVID-19.

"Ya gimana lagi, kan memang sedang pandemi. Yang jelas sampai akhir tahun kami fokus ke penanganan COVID-19. Bahkan ini anggarannya (untuk penanganan COVID-19) ditambah jadi Rp110 miliar," papar Gibran.

Sementara itu, diakuinya, pengetatan aturan selama PPKM darurat beberapa waktu lalu berdampak pada terhentinya sejumlah aktivitas ekonomi di beberapa tempat di Kota Solo.

"Oleh karena itu, ini kami longgarkan agar ekonomi bisa segera jalan," ujar Gibran.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Heru Sunardi mengatakan selama bulan Juli Pemerintah Kota Surakarta memutuskan untuk membebaskan retribusi pedagang yang terdampak PPKM. Akibatnya, potensi penurunan pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi pasar mencapai sekitar Rp2 miliar.

"Kami kan ditarget satu tahun Rp27 miliar (dari retribusi pasar), kalau berkurang Rp2 miliar tinggal berapa itu. Bukan hanya retribusi tetapi juga kerja sama MCK (mandi, cuci, kakus) juga minta pembebasan. Selain itu titik-titik iklan juga sepi," katanya.