Puluhan ASN Pemkot Surakarta Terpapar COVID-19
ILUSTRASI/ASN Pemkot Surakarta menjalani vaksinasi/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kota Surakarta mengakui dari awal pandemi hingga saat ini ada ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terpapar COVID-19. Saat ini masih ada puluhan ASN Pemkot Solo yang terpapar COVID-19.

"Pelayanan tetap berjalan dengan normal," kata Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kota Surakarta Ahyani di Solo, dikutip Antara, Jumat, 16 Juli.

Berdasarkan data, saat ini jumlah kasus aktif dari kalangan ASN sekitar puluhan orang. Menurut dia, ASN yang terpapar virus ini berasal dari berbagai jajaran, mulai dari eselon 3, 2, staf, hingga tenaga kerja dengan perjanjian kerja (TKPK).

Namun kebanyakan dari mereka terpapar corona bukan karena kontak erat dengan teman satu kantor, tapi akibat aktivitas dari luar.

Ahyani menyebut tidak semua ASN yang terjangkit COVID-19 ini mengikuti isolasi terpusat mengingat ada sebagian yang berasal dari luar kota.

"Kalau dari luar Solo kan memang tidak wajib isolasi terpusat," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih juga mengakui banyak tenaga kesehatan di sejumlah fasilitas layanan kesehatan di Kota Solo yang terpapar COVID-19.

Belum lama ini ada dua puskesmas yang terpaksa tutup sementara waktu karena sebagian tenaga kesehatan terpapar COVID-19 sehingga harus dilakukan penelusuran kontak.

"Mereka ini sangat rawan terpapar, apalagi puskesmas ini ruang lingkupnya kecil, jadi interaksi satu dengan yang lain tidak bisa dihindari," katanya.