Tiba di Jakarta, 176 Perwira Nakes TNI Perkuat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet dan Rusun Nagrak
TNI kirim penambahan Nakes ke Wisma Atlet Kemayoran Hingga Rusun Nagrak. Foto: Puspen TNI

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 176 personel tenaga kesehatan yang berasal dari Perwira Prajurit Karier (Pa PK) tiba di Jakarta untuk membantu proses penanganan pandemi COVID-19. 

Selanjutnya, mereka akan disebar ke tiga tempat berbeda yaitu RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Rusun Nagrak, dan Rusunawa Pasar Rumput.

"Kedatangan Perwira siswa ini sebagai tambahan nakes untuk ditugaskan di wilayah Jakarta yang masih membutuhkan nakes, khususnya di Wisma Atlet dan tempat isolasi khusus Orang Tanpa Gejala (OTG) Rusun Nagrak serta Rusun Pasar Rumput yang juga disiapkan," kata Kabid Penum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto dalam keterangan tertulisnya, Senin, 28 Juni.

Para tenaga kesehatan ini tiba di Lanud Halim Perdana Kusuma pagi tadi diberangkatkan menggunakan dua pesawat Hercules A-1328 dan A-1335 milik TNI AU dari Lanud Adi Sucipto Yogyakarta.

Ratusan tenaga kesehatan siswa perwira yang dikirimkan ke Jakarta itu terdiri dari dokter umum 120 orang, dokter gigi 20 orang, keperawatan 8 orang, dan farmasi apoteker 12 orang.

Selain itu ada juga tenaga kesehatan bagian fisioterapi 4 orang, radiologi 2 orang, kesehatan lingkungan 1 orang, gizi 4 orang, elektro medis 1 orang, perawat gigi 1 orang, analisa medis 2 orang, dan rekam medis 1 orang.

Untuk memastikan seluruh nakes ini dalam kondisi sehat dan siap diterjunkan, Edys mengatakan, pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh telah dilakukan. Termasuk uji usap untuk memastikan mereka bebas dari COVID-19.

"Sebelum diberangkatkan menuju Lanud Halim Perdanakusuma, seluruh siswa melaksanakan tes swab antigen terlebih dahulu di Akmil Magelang untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi yang bagus dan tidak terindikasi virus COVID-19," pungkasnya.