Wapres Ma'ruf 'Bakar' Semangat Mahasiswa Uncen Papua, Jadi <i>Think Tank </i> Percepat Pembangunan
Wakil Presiden Ma’ruf Amin menerima audiensi virtual jajaran akademisi Universitas Cenderawasih Papua (Foto: Asdep KIP Setwapres/ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin membakar semangat mahasiswa di Universitas Cenderawasih Papua agar menjadi wadah pemikir atau think tank yang bekerja sama dengan pemerintah dalam percepatan pembangunan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

“Kontribusi Universitas Cenderawasih sangat dibutuhkan untuk dapat menjadi think tank, terutama dalam membangun sumber daya manusia Papua yang lebih berkualitas, kompeten, dan unggul,” kata Wapres Ma’ruf saat menerima audiensi Senat Universitas Cenderawasih Papua secara virtual dilansir dari Antara, Selasam 22 Juni.

Wapres berharap seluruh jajaran akademika Universitas Cenderawasih mendukung program Quick Wins yang disusun untuk mempercepat pembangunan wilayah timur Indonesia tersebut.

Selaku Ketua Dewan Pengarah Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat, Wapres menyebutkan ada tujuh program untuk pembangunan Papua dan Papua Barat.

Program Quick Wins berdasarkan sektor strategis tersebut, antara lain Papua Pintar, Papua Sehat, Papua Mandiri, Papua Tersambung, Papua Terang, Papua Berkarya, Papua Bangga, dan Papua Hijau.

Terkait Papua Tersambung, Wapres mengatakan konektivitas jalur perhubungan di Papua sifatnya untuk mempermudah akses komunikasi dan transportasi bagi masyarakat sekitar.

“Major project jembatan udara, peningkatan jaringan dari Palapa Ring Timur, major project trans Papua ke sentra ekonomi dan pembangunan beberapa depo di sentra ekonomi,” jelasnya.

Pemerintah akan menyediakan akses listrik bagi seluruh wilayah di Papua dan Papua Barat, sekaligus bekerja sama membangun energi baru terbarukan dengan pemangku kepentingan terkait.

“Ini penanggungjawabnya di Kementerian ESDM, PLN, Kementerian Desa (Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) serta Kementerian Keuangan,” katanya.

Wapres menegaskan pemerintah akan memastikan percepatan pembangunan di kedua provinsi tersebut dapat berjalan lancar, terlebih lagi dengan adanya Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

“Kehadiran Inpres Nomor 9 Tahun 2020 ini merupakan bukti komitmen pemerintah dalam melakukan upaya percepatan pembangunan kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat,” tegasnya.

Rektor Universitas Cenderawasih Apolo Safanpo dalam audiensi virtual tersebut menegaskan siap berkontribusi dan mendukung berbagai upaya pemerintah dalam membangun kesejahteraan di Papua.

“Kami menyampaikan Universitas Cenderawasih siap mendukung penuh implementasi program pembangunan kesejahteraan, sarana dan prasarana, sumber daya manusia; kami siap mendukung,” ujar Apolo.