Bagikan:

JAKARTA - Beredar sebuah foto pertemuan Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani dengan Wali Kota (Walkot) Solo Gibran Rakabuming Raka.

Momen yang dipublikasikan oleh politisi PDIP Charles Honoris lewat akun Instagramnya, @charleshonoris, Minggu, 13 Juni, itu diendus sebagai manuver politik Puan. Pasalnya, ini kali kedua kedatangan putri ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu tanpa ditemani Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 

 

Padahal, pada Sabtu, 12 Juni, Puan yang selaku ketua DPR itu memang diagendakan berkunjung ke Balai Kota Solo. Kedatangannya untuk memberikan 20.000 dosis vaksin COVID-19 bagi warga Jawa Tengah di Solo, Boyolali, Sukoharjo, dan Klaten, dalam rangka peningkatan ketersediaan dan percepatan distribusi vaksin ke daerah.

“Saya sebagai Ketua DPR RI memantau betul kegiatan vaksinasi yang sekarang sedang berjalan di seluruh Indonesia,” ujar Puan, dalam keterangannya, Minggu, 13 Juni.

 

Dalam kunjungan tersebut, Puan didampingi Ketua Fraksi PDIP DPR, Utut Adianto. Selain itu, Sekretaris Fraksi PDIP DPR Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul juga ikut dalam rombongan ini.

Tentu, aroma konflik acara di Semarang yang tak mengundang Ganjar itu masih terasa. Apalagi, Puan sempat menyindir kepala daerah yang dianggap lebih aktif di media sosial.

Alasan Ganjar tak diundang karena dinilai terlalu berambisi menjadi calon presiden (capres) di 2024.

 

Lewat akun Instagram pribadi @charleshonoris, Charles mengunggah sebuah foto selfie bersama Puan dan Gibran di Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen.

Dalam foto tersebut, Puan yang mengenakan baju abu-abu dan Gibran berkemeja motif duduk berhadap-hadapan dalam satu meja seperti habis makan bersama.

Lantas apa yang dibahas keduanya? 

 

Charles pun membocorkan perbincangan Puan dan Gibran usai menyantap bakmi, salah satu menu yang suka dimakan Ganjar.

 

"Di Kota Solo saya ikut menikmati obrolan akrab dua tokoh muda yang juga putri dan putra presiden. Mbak @puanmaharaniri putri dari presiden RI ke-5 dan mas @gibran_rakabuming putra dari presiden RI ke-7," tulis Charles dikutip VOI, Minggu, 13 Juni.

 

Sebagai politisi yang lebih senior dari Gibran, Puan membagikan pengalaman politiknya kepada anak sulung Presiden Jokowi.

"Di tengah santapan mie godog Jawa, kedua tokoh ini saling berbagi cerita tentang suka dan duka menyandang predikat anak presiden. Sebagai senior mbak @puanmaharaniri banyak membagikan pengalamannya di dunia politik," kata Charles.

Puan juga memberikan semangat kepada Gibran yang belum setahun menjabat sebagai Wali Kota Solo agar selalu baik dengan masyarakat.

"Dan sesekali memberikan semangat kepada mas @gibran_rakabuming agar bisa bekerja dengan baik untuk rakyat Surakarta," tulis Charles lagi.