Bagikan:

JAKARTA - Nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup melemah pada perdagangan hari ini Selasa 12 Mei. Rupiah ditutup melemah 0,07 persen pada level Rp14.905 per dolar Amerika Serikat (AS).

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan, sejak pagi tadi sentimen negatif masuk ke pasar keuangan pagi ini karena pasar mengkhawatirkan gelombang kedua kasus COVID-19 di negara yang melonggarkan lockdown.

China melaporkan penambahan 15 kasus OTG dan 1 kasus positif. Kemarin China juga sudah melaporkan adanya tambahan 5 kasus baru.

Negara lain seperti Korea Selatan dan Jerman juga melaporkan penambahan kasus positif pasca pelonggaran lockdown. Sentimen negatif ini mendorong pelemahan aset berisiko termasuk rupiah.

Sore ini, rupiah melemah bersama beberapa mata uang Asia lainnya seperti won Korea yang melemah 0,36 persen, dolar Taiwan melemah 0,19 persen, ringgit Malaysia melemah 0,02 persen, dan dolar Hong Kong yang melemah 0,001 persen terhadap dolar AS.

Sementara beberapa mata uang Asia lainnya menguat terhadap dolar AS hingga pukul 15:00 WIB, yang dipimpin oleh baht Thailand yang menguat 0,26 persen terhadap dolar AS.