IHSG Selasa Dibuka Melemah Tipis 17,31 Poin ke Level 4.621,80
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melenah pada perdagangan Selasa 12 Mei. IHSG dibuka melemah tipis 0,37 persen atau 17,31 poin ke level 4.621,80.

Membuka perdagangan, 91 saham menguat, 80 saham melemah, dan 121 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 147,11 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp148,97 miliar.

Meski dibuka melemah, analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menilai, secara teknikal IHSG mampu melanjutkan penguatan, dengan pergerakan di rentang 4.593-4.738 pada perdagangan hari ini.

Dari sisi sentimen, upaya Presiden AS Donald Trump meyakinkan masyarakat Amerika Serikat (AS) untuk kembali bekerja, dan menjalani aktivitas sosial, bisa menjadi sentimen positif bagi pergerakan IHSG.

"AS sendiri rencananya akan memperlonggar karantina wilayah atau lockdown mulai Rabu 13 Mei," kata Lanjar.

Dari dalam negeri, rilis data transaksi transaksi berjalan oleh Bank Indonesia (BI), yang dijadwalkan pada 15 Mei 2020, juga tengah dinanti investor domestik.

Saham-saham yang dapat dicermati investor pada perdagangan hari ini antara lain, PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA), dan PT Barito Pacific Tbk (BRPT).

Selain itu, investor juga bisa mencermati saham PT Mayora Indah Tbk (MYOR), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

Terkait