77 Kamar Hotel Le Meridien untuk Tenaga Medis RSAL Mintoharjo
Lobi di Hotel Le Meridien (Foto via marriott.com)

Bagikan:

JAKARTA - Tim medis sebagai benteng terakhir memerangi COVID-19 kembali mendapat pelayanan berkelas dari pemerintah. Kabar baik kali ini jatuh kepada 154 tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr. Mintoharjo, Jakarta.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Hotel Le Meridien, Jakarta,  menyediakan akomodasi dan transportasi bagi tenaga kesehatan di RSAL. Ada 77 kamar yang sudah disiapkan Hotel Le Meridien.

Sekali dayung, dua tiga pulau terlampui. Kerja sama ini bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Sebagai salah satu misi kemanusiaan. Termasuk untuk terobosan supaya industri hotel bisa tetap hidup. Apalagi kita tahu, sektor perhotelan mengalami anjlok jumlah tamu yang menginap akibat pandemi COVID-19 ini.

"Sebab semua pihak harus bersatu bahu-membahu dalam menghadapi pandemi ini," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dalam keterangannya, Rabu, 6 Mei.

Tenaga medis yang menginap, akan mendapat pelayanan layaknya seorang tamu. Mereka mendapat fasilitas dan kebutuhan pendukung. Termasuk binatu untuk pakaian dan makanan. Malah Kemenparekraf juga sudah menggandeng Grab yang siap antar jemput tiap hari bagi para tenaga kesehatan dari RSAL Dr. Mintoharjo.

Wishnutama sempat melihat kesiapan dan standar operational procedure (SOP) kesehatan yang diterapkan pihak Hotel Le Meridien. Mulai dari proses check in, kebersihan kamar, pelayanan makanan dan lainnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio (Foto via kemenparekraf)

Dengan program ini, tidak hanya tenaga kesehatan yang terfasilitasi. Tapi juga membantu pekerja, pengusaha hotel, dan pelaku usaha transportasi. Khususnya bagi pekerja langsung atau pekerja tidak langsung hotel tersebut, serta penambahan penyerapan tenaga kerja lainnya seperti transportasi dan penyedia makanan.

Contoh pekerja langsung, lanjut Wishnutama, seperti Divisi Front Office (door boy, bell boy, Customer Service), Housekeeping (room boy, cleaning service, laundry), Food and Beverage (F&B), Product (chef, assistant chef, bakery), F&B Service (waiters, room service), dan Back Office (accounting, administration).

Sedangkan, pekerja yang tidak langsung seperti supplier sayuran, supplier ingredient (bumbu), daging, supplier antiseptik, supplier chemical perawatan hotel, dan sebagainya. Mereka tidak mengenal konsep “work from home” karena berada di bidang pelayanan langsung kepada konsumen sehingga saat pandemi terjadi banyak dari mereka yang terpaksa dirumahkan.

General Manager Le Meridien Jakarta, Vikas Malik mengatakan, kerja sama ini jadi kesempatan baik bagi pihaknya tidak hanya dalam kelangsungan bisnis tapi juga membantu dalam penanganan COVID-19 dengan menyiapkan akomodasi bagi tenaga kesehatan.

"Kita mendapat kesempatan untuk men-support dengan menjadi lokasi menginap tenaga kesehatan di hotel kami. Dalam praktiknya kami tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan dan kami memastikan semua akan berjalan baik," kata Vikas Malik.