Kementerian PUPR Bangun 15 Rusun bagi Akomodasi PON 2021 Papua dengan Anggaran Rp330,4 Miliar
Ilustrasi - Salah satu rusun yang dibangun dalam rangka mendukung penyelenggaraan PON XX 2021 di Papua. (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membangun sebanyak 15 rumah susun untuk sarana akomodasi dalam rangka mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua.

"Total anggaran pembangunan rumah susun sebanyak 15 tower untuk mendukung ajang PON XX di Papua kurang lebih sebesar Rp330,4 miliar," ujar Plt. Direktur Rumah Susun Kementerian PUPR Maryoko Hadi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, dilansir Antara, Senin, 31 Mei.

Menurut Maryoko, pembangunan hunian vertikal ini juga selain membantu proses pelaksanaan PON XX juga sangat membantu bagi penerima manfaat untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak huni di Provinsi Papua.

Ia menerangkan pembangunan rusun tersebut dapat berjalan dengan baik berkat adanya koordinasi yang baik antara Kementerian PUPR dan pemerintah daerah setempat dan juga PB PON Papua sebagai Panitia Penyelenggara PON XX Papua.

"15 tower rumah susun di Papua tersebar di tiga wilayah yakni Kabupaten Jayapura (5 tower atau menara), Kabupaten Merauke (5 menara) dan Kota Jayapura (5 menara)," katanya.

Selain itu, ujar dia, rusun tersebut nantinya akan diperuntukkan bagi ASN, TNI/Polri, pelajar/mahasiswa, santriwan/santriwati, serta jemaat gereja setelah pelaksanaan PON XX Papua.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Papua I Faisal Soedarno didampingi PPK Rumah Susun dan Rumah Khusus, Marinus Rino Kambu mengungkapkan pihaknya telah menerjunkan petugas dari Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Papua untuk mendukung pelaksanaan acara bergengsi yang digelar di Provinsi Papua.

"Program pembangunan rusun, imbuhnya, telah dilaksanakan sejak tahun 2016 hingga tahun 2021 ini," kata Faisal.

Dalam Pelaksanaannya, lanjutnya, pihak panitia membutuhkan sarana akomodasi yang memadai sehingga Kementerian PUPR memberikan bantuan penggunaan sementara rumah susun yang telah dibangun.

Ia mengemukakan selain bangunan rusun, Kementerian PUPR juga menganggarkan Rp21,6 miliar untuk dukungan peningkatan bangunan dan peningkatan kualitas bangunan berupa pemasangan pendingin ruangan, area parkir dan pagar keliling demi kenyamanan dan keamanan para atlet dan official sehingga bangunan tersebut siap digunakan.

Sebagai informasi, PON XX Papua adalah ajang olahraga nasional utama yang diselenggarakan di Papua pada bulan September hingga bulan November 2021 mendatang.

Stadion Utama Papua Bangkit menjadi lokasi utama penyelenggaraan kegiatan ini, baik upacara pembukaan maupun penutupan. Tagline yang diangkat pada PON XX adalah "Torang Bisa" yang merupakan bentuk penyemangat khas Papua.

"Kami berharap Pembangunan rumah susun dapat memberikan kelancaran proses pelaksanaan PON XX tahun 2021 dan mampu mengurangi angka backlog perumahan di Provinsi Papua," ucapnya.