Tak Diundang Saat Puan Maharani Arahkan Kader PDIP, Ganjar Pranowo Pinjam Istilah Gus Dur 'Gitu Aja Kok Repot'
Ganjar Pranowo. (Dok VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak diundang saat Ketua DPP PDIP Puan Maharani menghadiri kegiatan di Semarang. Padahal Ganjar adalah gubernur yang berasal dari PDI Perjuangan. Tidak diundangnya orang nomor satu di Jawa Tengah itu pun memunculkan beragam tanya.

Menanggapi soal kontestasi yang kian marak akhir-akhir ini, Ganjar Pranowo bersikap santai. Ia malah menyitir ucapan yang kerap diungkapkan oleh mendiang Gus Dur saat menghadapi pesoalan pelik.

“Kalau bahasanya Gus Dur itu, gitu aja kok repot, hehehe,” katanya dengan nada berseloroh saat melakukan wawancara jarak jauh khusus dengan VOI, Senin, 24 Mei.

Ganjar sadar  dinamika politik terjadi begitu dinamis. Karena itu dia juga menyikapinya dengan bijaksana dan mencoba menyerap apa yang terjadi dan yang mengemuka.

“Enggak lah, buat saya biasa saja, itu dinamika yang berkembang,” katanya dengan nada datar.

Ganjar Pranowo. (VOI)
Edy Suherli dari VOI wawancara via Zoom dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (VOI)

Apakah ada rivalitas yang meruncing antara Puan Maharani dan Ganjar Pranowo untuk kontestasi Presiden di tahun 2024 nanti? Tak mudah untuk menjawab pertanyaan ini.

Karena yang satu adalah putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan juga Ketua DPP PDIP. Sementara Ganjar adalah kader PDIP yang kini masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah dan punya banyak pengikut di dunia maya.

Soal kontestasi politik, menurut Ganjar, ada mekanisme partai yang harus dilalui.

“Kalau soal kontestasi berikutnya (pilpres 2024) itu kami punya mekanisme partai dan ada ketua umum kami yang punya otoritas untuk menentukan,”ujarnya.

Kini sebagai gubernur, Ganjar masih fokus untuk menuntaskan amanat partai dan amanat rakyat. “Tugas saya membereskan amanat partai dan amanat rakyat menjadi Gubernur Jawa Tengah.  Kalau pinjam istilahnya Pak Jokowi saya harus bekerja sampai selesai,” lanjutnya.

Seperti diberitakan VOI sebelumnya, Puan Maharani melakukan kunjugan ke Semarang. Agendanya adalah pengarahan Ketua DPP PDI Perjuangan, di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Sabtu, 22 Mei. Namun Ganjar Pranowo saat itu tidak diundang oleh panitia. Inilah yang mebuat heboh sebab, selain kader partai, Ganjar adalah Gubernur Jawa Tengah.