Diguyur Hujan, Jakarta Selatan dan Timur Tergenang
Pantauan banjir di Jakarta (Instagram @JKTinfo)

Bagikan:

JAKARTA - DKI Jakarta diguyur hujan dengan intensitas tinggi selama beberapa jam. Alhasil, sejumlah wilayah terutama di kawasan Jakarta Selatan dan Timur tergenang.

Kapusdatin Badan Penanggulangan Bencana Daerah M. Insyaf mengatakan dari 10 kawasan yang tergenang banjir, setengahnya berada di Jakarta Selatan. Sedangkan, sisanya di kawasan Jakarta Timur.

"Total keseluruhan ada 20 RW yang terdampak banjir. Kebanyakan di Jakarta Selatan ada 7 kawasan," ucap Insyaf kepada VOI, R2abu, 29 April.

Pantauan banjir di Jakarta (Twitter @Dinasairjkt)

Ketinggian air di masing-masing kawasan pun berbeda-beda. Berdasarkan data yang ada, Kelurahan Kebon Baru, Jakarta Selatan, merupakan kawasan yang paling parah dengan ketinggian air mencapai 90 sentimeter.

Kemudian, di Kelurahan Jati Padang, Jakarta Selatan, lanjut Insyaf, ada dua titik banjir yang ketinggian air mencapai 30 hingga 70 sentimeter. Penyebabnya karena Kali Pulo yang berada dekat dari kawasan tersebut meluap.

Sementara, di beberapa wilayah lainnya ketinggian air hanya berkisar 15 hingga 50 sentimeter. Meski demikian, kata Insyaf, penyebab banjir di puluhan RW yang tersebar di Jakarta Selatan dan Timur itu karena curah hujan yang tinggi.

"Kelurahan Kebon Baru 2 RW ketinggian air 20 sampai dengan 90 cm. Semuanya karena curah hujan tinggi," pungkas Insyaf.