Di Banyumas, Puji dan Fajar Tunda Ijab Kabul Demi Nyanyikan Lagu Indonesia Raya
Tangkapan layar akun Instagram ganjar_pranowo

Bagikan:

JAKARTA - Di Banyumas, Jawa Tengah, ada calon pengantin yang rela menunda pembacaan ijab kabul pernikahannya selama beberapa menit guna mendengarkan Lagu Indonesia Raya.

Video berdurasi satu menit 58 detik itu diunggah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di akun Instagramnya, Kamis, 20 Mei dan langsung viral. Dalam video itu, sepasang pengantin yang mengenakan busana serba putih langsung berdiri dengan sikap sempurna. Tak hanya pengantin, petugas KUA serta keluarga mempelai juga berdiri dan ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Indonesia Raya sebelum akad nikah,” tulis Ganjar dengan hastag #HariKebangkitanNasional, #IndonesiaRayaSerentak,#JatengIndonesiaRaya.

Dalam video itu sebagaimana dilansir Djawanews, terlihat pasangan kedua mempelai dan keluarga telah siap melangsungkan akad. 

Sebelum ijab kabul dilaksanakan, seorang pria yang diduga penghulu di KUA Baturaden bernama Muson mengajak kedua mempelai bernama Puji Rahayu dan Fajar Utomo serta seluruh keluarga berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Ajakan itu diikuti dan lagu Indonesia Raya dikumandangkan secara khidmat dalam acara sakral itu.

“Mari menyanyikan lagu Indonesia Raya, dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2021. Mari kita nyanyikan bersama-sama nggih,” ucap salah seorang yang diduga penghulu di KUA Baturaden Banyumas bernama Muson.

Video itu langsung mendapat komentar dari banyak warganet. Ada komentar lucu, namun semuanya memberikan apresiasi.

"Buat yang nikah, tar anaknya dikasih namanya yang memperingati hari kebangkitan nasional. Pasti keren,” komentar akun @AryantoSiahaan.

Keren abiss, nanti anaknya kasih nama ‘Bangkit Nasional,” timpal @YusufNusantara.

Sah! Merdeka!,” ucap akun @Im_Human27.