Polda Bali Gelar Swab Antigen Acak Bagi Masyarakat yang Masuk Bali
ILUSTRASI/DOK PEMKOT SURABAYA

Bagikan:

DENPASAR - Untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, Polda Bali akan melakukan swab antigen acak kepada masyarakat yang masuk ke wilayah Bali usai lebaran. 

"Semua orang yang masuk Bali nanti kita periksa semuanya. Surat-suratnya kami akan periksa, suhu tubuhnya juga kami akan periksa, setelah itu kami akan dilakukan rapid antigen di sana secara random," kata Dirlantas Polda Bali Kombes Indra saat dihubungi, Senin, 17 Mei.

Untuk swab antigen acak, Polda Bali berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan pihak terkait. 

"Kita melakukan pengetatan orang-orang masuk (Bali) bahwa benar yang bersangkutan sudah bebas COVID-19," imbuhnya. 

Swab antigen secara acak itu akan dilakukan di pintu-pintu masuk Bali. Di antaranya, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Padangbai. Swab acak dimulai tanggal 18 hingga 24 Mei. 

Bila nantinya dari swab acak ditemukan ada yang postifif COVID-19, orang tersebut akan diisolasi di tempat yang disiapkan Pemkab. 

"Tapi kami akan melihat situasi juga, kalau misalnya masih banyak orang-orang yang datang lewat tanggal itu, maka kita akan tetap periksa," ujar Indra. 

Sementara dari catatan yang diterima Polda Bali dari  ASDP Ketapang Gilimanuk, sudah terjadi peningkatan pergerakan orang menuju Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk sejak tiga hari terakhir. 

Pada Sabtu, 15 Mei tercatat masuk 585 orang, Minggu, 16 Mei ada 940 orang. Sedangkan Senin, 17 Mei mencapai 1.253 orang

Jumlah tersebut berbanding lurus dengan kendaraan yang masuk menuju Bali sejak tiga hari terakhir yakni pada Sabtu, 15 Mei 318 kendaraan, Minggu, 16 Mei 486 kendaraan, dan Senin 607 kendaraan.