Gempa M 7,2 Nias Barat, Warga Panik Keluar Rumah
Instagram infobmkg

Bagikan:

JAKARTA - Gempa bumi terjadi di Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Gempa mengguncang dengan kekuatan magnitudo 7,2.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Barat menyatakan gempa ini tidak berpotensi tsunami. Namun, gempa sempat membuat masyarakat panik.

“Masyarakat panik dan keluar rumah,” kata Kepala Sub Bidang Direktorat (Kasubdit) Tanggap Darurat BPBD Nias Barat, Hiramo melalui keterangannya, Jumat, 14 Mei.

Hiramo menyebut, tim reaksi cepat BPBD Kabupaten Nias Barat saat ini sedang melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi dan pihak terkait.

"Hingga siaran pers ini diterbitkan, belum ada laporan mengenai korban jiwa maupun kerugian materiil," ujar dia.

Berdasarkan hasil rekaman seismogram Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi Nias Barat berada pada 0,10 LU dan 96,53 BT di laut pada kedalaman 19 kilometer.

Jika ditarik garis lurus, maka jarak pusat gempa tersebut berada pada 141 kilometer barat daya Nias Barat, 151 kilometer barat daya Nias Selatan, 172 kilometer barat daya Nias, 455 kilometer barat daya Medan, dan 1.339 kilometer barat laut Jakarta.

Pada Kamis, 13 Mei, gempa bumi juga melanda Kabupaten Melonguane, Sulawesi Utara dengan kekuatan magnitudo 5,6. BMKG mencatat gempa terjadi pukul 01.20 WIB dengan pusat gempa berada di koordinat 4,02 lintang utara dan 128,6 bujur timur atau 213 kilometer timur laut Melonguane.