Warga OKU Sumsel <i>Ngaku</i> Berhamburan Keluar Rumah Saat Gempa M 6,2 Bengkulu
Ilustrasi gempa bumi. (Unsplash)

Bagikan:

BENGKULU - Gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,2 di Bengkulu Selatan terasa hingga di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel). Warga berhamburan keluar rumah saat diguncang gempa.

Saat gempa terjadi, masyarakat di Kota Baturaja, OKU, panik berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri dari gempa.

"Getarannya cukup kuat yang berlangsung beberapa detik hingga hampir seluruh warga di perumahan kami tadi malam panik keluar rumah untuk menyelamatkan diri," kata Fitri, salah seorang warga Baturaja, Minggu 16 April, disitat Antara.

Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Gunalfi menambahkan, guncangan gempa berdasarkan perhitungan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terasa di Bengkulu skala IV MMI.

"Walaupun pusat gempanya bukan di wilayah Kabupaten OKU, namun getaran yang terasa diperkirakan dengan skala IV MMI," ujarnya.

Adapun BMKG melaporkan gempa M 6,2 di Bengkulu Selatan terjadi pada Sabtu 15 April pukul 22.07 WIB.

Lokasi gempa berada di 53 km barat daya Bengkulu Selatan tepatnya di 4,93 LS dan 102,85 BT di kedalaman 23 kilometer, namun tidak berpotensi tsunami.

Beruntung, lanjut Gunalfi, getaran gempa yang cukup kuat tersebut tidak menimbulkan korban jiwa ataupun berdampak pada kerusakan rumah warga di OKU.

"Hingga saat ini kami belum menerima laporan adanya kerusakan fasilitas umum ataupun rumah warga yang terdampak gempa," tegasnya.

Meskipun demikian, Gunalfi mengimbau masyarakat di wilayahnya agar tetap meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi gempa susulan yang lebih kuat.

"Khususnya rumah warga yang sudah termakan usia agar lebih waspada agar tidak menimbulkan korban jiwa," tandasnya.