Semula Dianggap Pendeta, Peneliti Terkejut Temukan Mumi Wanita Tengah Mengandung
Ilustrasi mumi Mesir. (Wikimedia Commons/www.metmuseum.org)

Bagikan:

JAKARTA - Ilmuwan Polandia yang tergabung dalam Proyek Mumi Warsawa dikejutkan dengan temuan mumi wanita dalam kondisi hamil, yang semula diduga sebagai mumi seorang pendeta.

Tim yang dibentuk sejak tahun 2015 ini melakukan penelitian secara berkesinambungan, untuk memeriksa secara menyeluruh mumi manusia dan hewan dari Mesir Kuno di Museum Nasional Warsawa, Polandia.

Tim dikejutkan dengan kondisi salah satu mumi yang semula dianggap sebagai mumi pendeta, namun ditemukan kaki kecil di perut mumi tersebut saat dilakukan pemindaian. 

Menurut Marzena Ożarek-Szilke, antropolog dan arkeolog dari Fakultas Arkeologi Universitas Warsawa, dia dan rekan-rekannya telah meringkas penelitian mereka dan bersiap untuk menyerahkan temuan mereka untuk dipublikasikan.

Dia mengatakan kepada kantor berita negara Polandia PAP, "Dengan suami saya Stanisław, seorang arkeolog Mesir, kami melihat gambar-gambar itu untuk terakhir kalinya dan melihat gambar yang sudah dikenal untuk orang tua dari tiga anak di perut wanita yang meninggal, sebuah kaki kecil".

mumi hamil
Para peneliti. (Sumber: Warsaw Mummy Project via CNN)

Wojtek Ejsmond, salah satu dari tiga pendiri Proyek Mumi Warsawa, mengatakan kepada CNN, mumi itu pertama kali dibawa ke Polandia pada tahun 1826 oleh Jan Wężyk-Rudzki.

Pada saat itu diyakini sebagai seorang wanita, tetapi pandangan berubah pada tahun 1920-an ketika sebuah prasasti pada sarkofagus diterjemahkan untuk mengungkapkan nama seorang pendeta Mesir, Hor-Djehuty. Meskipun milik Universitas Warsawa, mumi itu telah dipinjamkan ke museum sejak 1917, di mana mumi itu dipamerkan.

Selama penelitiannya, tim ilmuwan tersebut mengungkapkan beberapa petunjuk menarik. Dengan menggunakan tomografi komputer, yang berarti perban mumi tidak harus dilepas, mereka menemukan bahwa tubuh tersebut memiliki struktur kerangka yang rapuh. 

Analisis yang lebih rinci meyakinkan para peneliti, bahwa tubuh itu perempuan karena tidak ada tanda-tanda penis. Visualisasi 3D tubuh dengan jelas menunjukkan rambut panjang, keriting, dan payudara mumi, menurut tim.

Ejsmond mengatakan, mumi wanita itu diperkirakan meninggal pada usia antara 20 dan 30 tahun dan janinnya berusia antara 26 dan 30 minggu kehamilan.

"Kami tidak tahu penyebab kematian, itu akan menjadi subjek penyelidikan lebih lanjut," katanya.

Salah satu pertanyaan terbesar yang dimiliki para ilmuwan adalah mengapa janin, yang jenis kelaminnya belum ditentukan tetap ada, sementara organ dalam secara rutin dikeluarkan sebelum mumifikasi?

mumi hamil
Hasil pemindaian mumi tengah hami. (Sumber: Warsaw Mummy Project via CNN)

"Keseluruhan penemuan ini menarik perhatian kami pada pertanyaan mengapa tidak disingkirkan. Kami tidak tahu mengapa ditinggalkan di sana. Mungkin karena alasan agama. Mungkin mereka mengira anak yang belum lahir itu tidak memiliki jiwa atau akan lebih aman di dunia selanjutnya. Atau mungkin karena itu sangat sulit untuk mengeluarkan anak pada tahap itu dari rahim tanpa menyebabkan kerusakan serius," paparnya.

Ketika Wężyk-Rudzki awalnya membawa mumi itu ke Polandia pada abad ke-19, dia menyatakan bahwa mumi itu telah ditemukan di makam kuno Kerajaan di Thebes. Tetapi para arkeolog tidak yakin tentang ini atau latar belakang mumi itu.

"Kami tidak yakin apakah itu benar. Sangat umum bagi orang untuk memberikan asal palsu kepada arkeolog, untuk meningkatkan nilai dan signifikansinya karena terlihat lebih baik. Jadi kami harus sangat berhati-hati dengan pernyataan seperti itu. Tidak ada alasan untuk itu. konfirmasi," paparnya.

Ini juga bisa menjelaskan mengapa mumi itu terbungkus dalam kuburan dengan nama pendeta.

"Ini salah satu hal yang paling rumit. "Kita tahu bahwa pada zaman mesir kuno peti mati digunakan kembali. Terkadang kuburan dirampok dan dicuri agar bisa digunakan kembali. Selama abad ke-18 dan 19, makam mumi dirampok dan pedagang barang antik mencuri barang-barang berharga dan mengganti mayat," pungkasnya.