Bisnis Bangkrut karena COVID-19, Bule Italia Terlantar dan Mengemis di Kuta Bali
Bule Italia, Albani Roberto (75) ditemukan terlantar dan mengemis di kawasan Jalan Benesari, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali (DOK IST)

Bagikan:

BADUNG - Bule Italia, Albani Roberto (75) ditemukan terlantar dan mengemis di kawasan Jalan Benesari, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Kepala Satpol PP Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara mengatakan bule tersebut ditemukan tidur di emperan toko di kawasan. Warga lalu melapor ke petugas.

“Ditemukan di Legian di Jalan Benesari," kata Suryanegara, saat dihubungi Rabu, 5 Mei.

Menurutnya, bule Italia ini awalnya tinggal di Canggu, Kuta Utara. Namun saat pandemi COVID-19, bule Italia ini tak bisa kembali ke negara asalnya karena penerapan lockdown.

Bule Italia Albani mengaku sebagai seniman dan sempat memiliki usaha. Imbas pandemi COVID-19 membuat usahanya bangkrut hingga akhirnya Albani terlantar. 

"Dulunya katanya dia punya usaha di sini tinggal di Canggu. Sejak lockdown di Italia, bisnis dia terhenti dan bangkrut.Katanya dia seniman," terang Suryanegara.

 Bule Italia, Albani Roberto (75) ditemukan terlantar dan mengemis di Legian, Kuta, Bali (DOK IST)

Bule Italia yang sudah setahun di Bali ini luntang-lantung di pinggir jalan. Dia bertahan hidup karena belas kasihan warga yang memberinya makan. 

"Katanya, hampir setahun di sana sejak pandemi ini. Iya pasti (ada yang memberikan pertolongan) sampai setahun begitu," sambungnya. 

Saat ini bule Italia itu sudah dibawa ke kantor imigrasi Bali. Bule ini saat dibawa hanya punya pakaian yang dikenakan. 

"Sudah dibawa ke imigrasi. Dia sehat karena nanti harus tes kesehatan lagi. (Untuk indentitasnya) ada pengakuannya tapi dia bilang kehilangan," ujar Suryanegara.