Geng Motor 'Amerika' Bikin Rusuh Jakarta, Berkendara Ugal-ugalan Ayunkan Parang! Ini Penjelasan Polisi
Ilustrasi-Senjata tajam yang diamankan polisi dari geng motor di Serang (Foto: Humas Polda Banten)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini media sosial digegerkan dengan video viral prilaku geng motor di jalanan. Mereka terlihat membawa senjata tajam sambil diayunkan kepada pengguna jalan lain. 

Dalam video berdurasi sekitar 21 detik itu sayup-sayup terdengar seorang pelaku mengatakan 'Amerika.' Bagaimana faktanya?

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan saat dikonfirmasi membenarkan rekaman dalam video tersebut. Namun, itu bukan terjadi saat ini melainkan rekaman lama pada 2012-2015 lalu. 

"Sepertinya video lama. Kalau geng Amerika sudah lama bubar," tegas Erwin dilansir Antara, Sabtu, 1 Mei. Erwin Kurniawan mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum menerima laporan dari masyarakat terkait aksi dari geng motor Amerika tersebut.

"Nihil laporan karena memang sudah bubar," ujarnya.

Sebagai informasi, nama geng motor 'Amerika' merupakan singkatan dari Anak Merdeka Kalisari yang juga merupakan nama sebuah kelurahan di Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Aksi geng motor ini sempat membuat resah masyarakat sekitar tahun 2012 - 2015 karena kerap menyerang korban secara acak menggunakan senjata tajam.

Sebelum akhirnya seluruh anggota geng motor Amerika ini diringkus oleh jajaran Sat Reskrim Polrestro Jakarta Timur dan  Polda Metro Jaya.