Jakarta Keras, Bocil 12 Tahun Terciduk Merokok, Santai Kemudikan Tronton! Polisi: Pelanggaran
Ilustrasi-Gedung Polda Metro Jaya (Dok VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Bocah laki-laki mendadak viral di linimasa Instagram. Sebab, dia nampak santai mengendarai truk tronton di ruas tol seorang diri.

Pada video yang diunggah akun @cetull.22, bocah itu terlihat mengendarai truk tronton berwana hijau. Bahkan, bocah yang terlihat menghisap rokok itu sempat menyebut kota tujuannya adalah Tasikmalaya.

"Bro narik ke mana?," tanya perkam video dikutip VOI, Jumat, 30 April.

"Ke Tasik," jawab bocah itu.

Lebih mengagetkan ketika perekam video melontarkan pertanyaan usai dari bocah itu. Tanpa beban, bocah laki-laki tersebut menjawab baru berusia 12 tahun.

"Umur berapa?" tanya perekam.

"Dua belas" jawab bocah tersebut.

Sementara pihak kepolisian yang dikonfirmasi mengenai hal itu menyebut sudah mengamanakan bocah beserta kendaraannya.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, aksi dari bocah itu merupakan pelanggaran.

Jelas ada aturan hanya pengendara kendaraan minimal berusia 17 tahun. Selain itu, juga harus memiliki surat izin mengemudi (SIM).

"Anak belum cukup umur, belum punya SIM termasuk pelanggaran lalu lintas," ucap Fahri.

Bahkan, aksi dari bocah yang belum diketahui identitasnya itu disebut berpotensi menyebabkan kecelakaan. Sebab, anak diusinya belum memiliki kemampuan di berbagai sisi untuk berkendara.

"Berpotensi terhadap laka lantas karena belum memiliki legitimasi kompetensi yang kompetensi tersebut didapatkan setelah mengikuti beberapa ujian yang dilakukan oleh Polri," kata Fahri. 

Terpisah, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dokonfirmasi membenarkan kalau yang bersangkutan telah diamanakan. "Sudah diamankan," kata Sambodo dilansir dari Antara, Jumat, 30 April.