Menhub Budi Karya Sembuh, Segera Bekerja Setelah 14 Hari Isolasi Mandiri
Menteri Perhubungan Budi Karya (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan negatif virus corona atau COVID-19. Dia diperbolehkan pulang setelah dirawat selama sebulan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto. 

"Menteri Perhubungan, Bapak Budi Karya Sumadi, beberapa hari lalu telah kembali di kediaman setelah dirawat di RSPAD," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati kepada wartawan lewat pesan singkat, Rabu, 5 April.

Meski dinyatakan sehat, Adita mengatakan, Menhub Budi tak bisa langsung beraktivitas seperti biasa. Sebab, dia harus menjalankan isolasi mandiri selama 14 hari sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku untuk penanganan COVID-19.

"Beliau sehat dan saat ini tengah melakukan pemulihan serta isolasi mandiri selama 14 hari sesuai arahan dokter," ungkapnya.

Mereka yang menjalankan protokol isolasi mandiri, dikutip dari Alodokter, harus tinggal selama 14 hari di rumah dan tidak boleh beraktivitas di luar rumah. Mereka juga tidak boleh melakukan kontak dekat dengan orang yang tinggal serumah, bahkan, jika diperlukan menggunakan kamar terpisah.

Langkah selanjutnya adalah selalu menggunakan masker untuk menghindari resiko penularan saat di rumah. Kemudian, penggunaan perlengkapan seperti piring, sendok, garpu dan gelas juga harus terpisah. Selanjutnya, selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta segera hubungi rumah sakit jika kembali ada keluhan ketika masa isolasi mandiri berlangsung.

Diketahui, pada 14 Maret lalu, Pemerintah mengumumkan status kesehatan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (BKS) yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau COVID-19. Budi Karya saat ini tengah dirawat di RSPAD Gatot Subroto. Sementara itu, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk sebagai pengganti sementara.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, keluarga sudah memberi izin pihaknya dan RSPAD Gatot Subroto untuk menyampaikan status Budi Karya yang positif COVID-19. Sebagai Menteri Perhubungan mobilitas Budi sangat tinggi, dia menjadi yang terdepan dan aktif melakukan penanganan dampak virus tersebut.

"Banyak sekali tentu saja tugas Kemenhub yang terlibat. Mulai dari evakuasi, penyediaan fasilitas yang membutuhkan fungsi Kemenhub. Sekali lagi ini keterlibatan beliau, kerja keras beliau luar biasa untuk menjadi bagian dari penanganan dampak. Saya sudah dapat laporan dari Pak Menkes bahwa kondisi Pak Menhub semakin baik," ungkap Pratikno saat mengumumkan kesehatan Budi Karya beberapa waktu lalu.