Gempa Berkekuatan Magnitudo 6 Mengguncang Assam, India
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Gempa berkekuatan 6,0 melanda negara bagian Assam di timur laut India pada hari Rabu, 28 April. Gempa ini merusak beberapa bangunan. Sementara, otoritas setempat menyatakan, sedang memeriksa adanya korban dari peristiwa ini.

Dilansir dari The Sydney Morning Herald, Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan gempa terjadi pada kedalaman 34 km dengan pusat gempa di dekat kota Dhekiajuli, 140 kilometer sebelah utara kota utama Assam, Guwahati.

Sebelumnya Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) memperkirakan gempa berkekuatan 6,2.

“Gempa besar melanda Assam. Saya berdoa untuk keselamatan semua dan mendorong semua orang untuk tetap waspada. Ikuti update dari semua distrik,” kata Ketua Menteri Assam Sarbananda Sonowal.

Warga mengatakan ada retakan di dinding di beberapa rumah dan di lantai. Orang-orang berdiri di luar di jalan, cemas akan getaran baru.

“Belum pernah melihat getaran sebesar itu dalam hidup saya,” kata Jyotishman Deka, seorang mahasiswa teknik berusia 20 tahun.

Getaran kuat berulang kali dirasakan di beberapa bagian timur laut India dan negara tetangga Bhutan, memaksa ratusan orang meninggalkan rumah mereka, menurut seorang saksi mata Reuters.

Badan Manajemen Bencana Nasional India sedang menilai laporan kerusakan dan korban setelah gempa, kata seorang pejabat di badan tersebut yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.