KRI Nanggala-402 yang Hilang di Perairan Bali sedang Manuver Berlatih Menembak Rudal
Kapal selam KRI Nanggala-402 (DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA -  Kapal selam KRI Nanggala-402 dikabarkan hilang kontak di perairan Bali bagian utara. Saat ini kapal selam Nanggala sedang dicari. 

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, ketika dikonfirmasi wartawan, dari Jakarta, Rabu, membenarkan peristiwa itu. "Masih dalam pencarian di perairan Bali, 60 mil (laut) dari Bali," kata dia kepada wartawan, Rabu, 21 April.

Menurut dia, seluruh kapal yang memiliki alat pencarian bawah air tengah mencari kapal buatan Jerman itu. "Besok pagi saya akan menuju lokasi," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama Julius Widjojono, juga membenarkan KRI Nanggala-402 hilang kontak. 

"Saat ini masih dalam proses pencarian," ujarnya dikutip Antara.

Diperoleh informasi KRI Nanggala-402 diperkirakan hilang di perairan sekitar 60 mil laut utara Pulau Bali, sekitar pukul 03.00 WIT dalam manuver menyelam.  

KRI Nanggala-402 ikut dalam latihan penembakan rudal di Laut Bali, yang direncanakan dilaksanakan pada Kamis 22, April yang rencananya disaksikan Tjahjanto dan Kepala Staf TNI AL, Laksamana Yudho Margono. KRI Nanggala-402 memiliki "saudara kembar", yaitu KRI Cakra-401.

KRI Nanggala-402 berasal dari Type 209/1300 yang dibuat galangan kapal Howaldtswerke di Kiel, Jerman Barat, yang dipesan Indonesia pada 1977, dan memasuki dinas aktif pada 1981.