Terjangan Angin Rusak Belasan Rumah di Sangihe Sulut, Ada Menara Telkomsel Roboh
Satu rumah di Kampung Bira Kecamatan Tabukan Tengah Sangihe rusak tertimpa menara Telkomsel yang roboh akibat terjangan angin (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

SANGIHE - Rumah keluarga Arading Bengke di Kampung Bira Kecamatan Tabukan Tengah Sangihe rusak tertimpa menara Telkomsel yang roboh akibat terjangan angin.

"Kami menerima laporan dari masyarakat, ada rumah yang rusak tertimpa menara Telkomsel yang roboh akibat terjangan angin," kata  Kepala BPBD Sangihe Rivo Pudihang di Tahuna dikutip Antara, Senin, 19 April.

Tidak ada korban jiwa. Sedangkan kerugian masih dalam pendataan. Terjangan angin dan hujan juga merobohkan sejumlah pohon yang menimpa rumah penduduk.

"Pohon tumbang terjadi di beberapa tempat diantaranya di Tahuna, Manganitu dan Tahuna Barat. Ada 18 rumah rusak di Kabupaten Sangihe," sebut Rivo.

Terkait kondisi cuaca sekarang ini sebagai dampak dari Siklon Surigae yang melanda Indonesia bagian utara dan mengarah ke Filipina, BPBD menghimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan.

"Masyarakat diminta waspada terhadap cuaca ekstrem akibat hujan lebat yang disertai dengan angin kencang dan petir," kata dia.

Nelayan juga diminta agar tetap melihat kondisi laut yang saat ini sedang bergelombang.

"Nelayan harus mewaspadai gelombang tinggi disertai angin yang saat ini di laut Sangihe," sambung Rivo.

Dia juga meminta pemerintah setempat segera menginformasikan kepada pemerintah kabupaten melalui BPBD bila terjadi bencana.

"Mohon segera menginformasikan kepada BPBD apabila terjadi bencana agar segera dilakukan penanganan," kata dia.