Bagikan:

JAKARTA - China akhir tahun lalu meluncurkan kereta peluru yang akan menjadi tercepat di dunia, mengalahkan kereta tercepat sebelumnya yang juga buatan negara itu, dengan sejumlah fitur modern dan keunggulan.

Diluncurkan pada 29 Desember 2024, seri CR450 telah mencapai kecepatan uji hingga 450 kilometer (281 mil) per jam dan kecepatan operasional 400 kilometer (248,5 mil) per jam, menurut Kementerian Transportasi China.

Setelah beroperasi secara komersial, kereta ini bisa menjadi kereta berkecepatan tinggi tercepat di dunia, melampaui model CR400 China saat ini, yang memulai debutnya pada tahun 2017 dan beroperasi pada kecepatan 350 kilometer (217 mil) per jam, dikutip dari CNN 25 Januari.

Perusahaan pengembang CR450, CRRC Changchun Railway Vehicles dan CRRC Sifang Co., Ltd., memuji kereta ini terkait kecepatan operasional, efisiensi energi, pengendalian kebisingan dan kinerja pengereman.

Kereta ini telah menjalani lebih dari 3.000 simulasi dan lebih dari 2.000 uji platform untuk memenuhi tuntutan ketat operasi komersial, menurut China Daily.

cr450 china
Kereta peluru CR450 buatan China. (Sumber: Xinhua /Ju Huanzong)

Pengujian jalur dan penyempurnaan lebih lanjut diperlukan untuk memastikan kereta ini memenuhi semua standar yang diperlukan untuk operasi komersial, kata China State Railway Group.

Dikutip dari situs Pemerintah China, kereta berkecepatan tinggi tersebut dicirikan oleh sistem traksi magnet permanen berpendingin air yang canggih, dengan sistem bogie yang andal dan berstabilitas tinggi guna memastikan kinerja dan keselamatan yang sangat baik selama pengoperasian.

Kereta tersebut dilengkapi dengan sistem pengereman darurat multilevel yang canggih dan lebih dari 4.000 sensor untuk pemantauan sistem utama secara real-time, termasuk bodi gerbong, pantograf tegangan tinggi, kontrol kereta, dan sistem deteksi kebakaran. Sistem over-the-horizon juga telah digunakan untuk pengenalan situasi darurat yang lebih baik, menurut CRRC.

cr450
Kereta peluru CR450 buatan China. (Sumber: Xinhua /Ju Huanzong)

CR450 memperkenalkan desain penutup bogie baru untuk meminimalkan hambatan udara pada kecepatan tinggi, bersama dengan bagian depan yang ramping dengan hambatan rendah dan ujung runcing, kaca depan yang aerodinamis, dan material yang ringan.

Kereta baru ini juga memadukan teknik pengurangan kebisingan tingkat lanjut di berbagai area dan frekuensi, mengurangi kebisingan interior hingga 2 desibel dan meningkatkan ruang layanan penumpang hingga 4 persen dibandingkan pendahulunya.

Kereta ini memiliki kelas akomodasi berbeda, mulai dari ekonomi dengan konfigurasi tempat duduk 2-3 yang nyaman, kelas bisnis hingga kompartemen pribadi bagi Anda yang membutuhkan privasi.

Diketahui, Negeri Tirai Bambu menjadi negara terkemuka dalam pengembangan kereta satu dekade terakhir, membangun ribuan kilometer jalur kereta api baru yang menjangkau hampir setiap sudut negara.

Jaringan relnya membentang lebih dari 160.000 kilometer, termasuk lebih dari 46.000 kilometer jalur kereta api berkecepatan tinggi, menurut kementerian transportasi Tiongkok.

Kereta berkecepatan tinggi telah lama menjadi alternatif yang efektif menggantikan perjalanan udara untuk perjalanan hingga 700 mil, menghubungkan orang-orang yang berpindah antara kota-kota besar dan daerah pedesaan di negara itu dengan mudah dan nyaman.

Sejak tahun 1980-an, ratusan miliar dolar telah diinvestasikan dalam jalur kereta berkecepatan tinggi dan berkapasitas tinggi di seluruh Eropa dan Asia, yang dipelopori oleh Shinkansen di Jepang dan Train a Grand Vitesse (TGV) di Prancis.