Bagikan:

BOGOR - Begal yang membunuh seorang pria di Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, gantung diri. Dua pelaku lainnya, yang merupakan tetangga korban, berhasil ditangkap Satreskrim Polsek Ciampea dibantu Resmob Polres Bogor.

Kasus begal di Ciampea itu terjadi pada akhir September lalu. Saat itu, pria korban begal itu ingin menjemput anaknya di Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea

Dua pelaku pembunuhan, yaitu AJ dan R merupakan tetangga korban.

Wakapolres Bogor Kompol Adhimas Sriyono Putra mengungkapkan, para pelaku ditangkap di lokasi persembunyian yang berbeda. Pelaku utama atas nama S melakukan aksi gantung diri karena takut tertangkap petugas.

"Motif dari hasil pemeriksaan sampai saat ini adalah faktor dendam, sakit hati terhadap korban," kata Wakapolres Bogor Kompol Adhimas Sriyono Putra dalam keterangnya, Jumat 25 Oktober.

Diberitakan sebelumnya, diduga menjadi korban aksi perampokan, Iwan Irawan (58), pria asal Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea ditemukan dalam kondisi tertelungkup dengan luka berat di bagian kepala depan dan belakang, Senin dini hari WIB. Korban tewas setelah sempat mendapatkan perawatan tim medis RSUD Leuwiliang.

Sriyono mengungkapkan, aksi pembunuhan ini sempat diduga dilakukan oleh kawanan begal. Namun, setelah ditelusuri, ternyata aksi didasari dendam pelaku terhadap korban.

Dari hasil pendalaman, ternyata pelaku utama S memiliki utang kepada korban sebesar Rp 6 juta. Saat ditagih, pelaku tidak membayar dan justru berujung percekcokan.

"Pelaku utama bersama dua pelaku lainnya merencanakan aksinya di sebuah kolam pemancingan. Informasi awal, permasalahan utang piutang. S ini memiliki utang piutang terhadap IR. Saat menagih, mungkin ada kata-kata yang kurang enak, kurang tepat didengar pelaku," tambah Adhimas.