Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Hussein Al-Sheikh mengapresiasi dukungan Indonesia untuk Palestina di berbagai forum internasional, memberikan pengarahan situasi terkini di Jalur Gaza, saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI Sugiono.

Pertemuan dilakukan keduanya di sela-sela gelaran KTT BRICS di Kazan, Rusia pada Hari Rabu 23 Oktober.

Al-Sheikh menyampaikan rasa terima kasihnya atas segala dukungan yang diberikan Indonesia untuk Palestina di forum internasional, serta atas bantuan kemanusiaan yang diberikan kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), seperti mengutip WAFA 23 Oktober.

Dalam kesempatan tersebut, Al-Sheikh menegaskan kembali posisi Negara Palestina yang menyerukan gencatan senjata segera, penarikan penuh Israel dari Jalur Gaza dan mempercepat masuknya bantuan ke Jalur Gaza, terutama Gaza utara, untuk menghindari kelaparan kemanusiaan.

Al-Sheikh menambahkan, Negara Palestina akan melanjutkan perannya terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza dan meringankan penderitaan mereka.

Menteri Luar Negeri Indonesia juga diberi pengarahan mengenai serangan yang sedang berlangsung di Tepi Barat, termasuk Yerusalem, dengan menekankan perlunya menerapkan resolusi legitimasi internasional dan hukum internasional serta mengakhiri pendudukan dan kolonialisme.

Sebelumnya, Menlu Sugiono menegaskan kembali dukungan Indonesia terhadap perjuangan Palestina dan pemberian bantuan kemanusiaan hingga berdirinya negara Palestina yang merdeka.