Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan pihaknya akan menggelar rapat paripurna penetapan jumlah dan pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD), Selasa 22 Oktober siang.

Selain itu, DPR juga akan melakukan penetapan mitra-mitra kerja komisi DPR menyusul telah dilantiknya para menteri kabinet oleh presiden Prabowo Subianto Senin 21 Oktober.

"Kami tetapkan rapat paripurna yang akan dilakukan pada Selasa. (Jadwalnya) Siang insyaallah," ujar Puan di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Senin kemarin.

Puan mengatakan, dirinya bersama pimpinan DPR lain telah selesai melakukan rapat konsultasi dengan delapan pimpinan fraksi DPR hari ini. Dia mengaku pimpinan DPR dan pimpinan fraksi sudah menyepakati jumlah komisi, AKD beserta pimpinan dan mitra kerjanya untuk pemerintah.

"Menetapkan pertama jumlah komisi dan AKD. Kemudian, jumlah pimpinan komisi-komisi dari semua fraksi yang ada dan insyaallah, setelah kemarin diumumkan Kabinet Merah Putih dari Presiden Prabowo tentu saja kami selesaikan mitra dari setiap komisi dan AKD," ungkapnya.

Puan mengatakan komisi DPR disepakati bertambah menjadi 13. Secara umum mitra kerja setiap komisi DPR relatif sama.

Sementara itu, untuk Komisi XII DPR mitra kerjanya adalah kementerian yang mengurusi energi dan sumber daya mineral. Lalu, mitra kerja komisi XIII adalah kementerian yang mengurusi hukum dan HAM.

"Komisi XII energi, ESDM, yang XIII hukum dan HAM, (komisi yang lain) tetap," tutur Puan.

Puan juga menegaskan penambahan komisi DPR tidak berdampak pada penambahan ruang di DPR. Menurut dia, Komisi XII dan Komisi XIII akan menggunakan ruang yang sudah tersedia di gedung parlemen.

"Enggak ada penambahan bangunan, tetapi memang sudah disiapkan ruangan, ruang yang sudah tersedia akan ditempati untuk komisi XII dan XIII. Jadi tidak ada penambahan bangunan," pungkasnya.