Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan pihaknya telah mengagendakan rapat paripurna untuk menetapkan jumlah komisi, alat kelengkapan dewan (AKD) beserta pimpinan dan mitra kerja setiap komisi. Rapat paripurna tersebut akan digelar besok, Selasa, 22 Oktober, siang. 

Agenda paripurna ini telah disepakati pimpinan DPR bersama 8 pimpinan fraksi dalam rapat pengganti Bamus, Senin, 21 Oktober. 

Penetapan mitra kerja kementerian untuk 13 komisi di DPR ini seiring dengan diumumkannya jajaran kabinet Merah Putih oleh Presiden Prabowo Subianto.  

"Setelah kemarin diumumkan kabinet Merah Putih dari Presiden Prabowo tentu saja kami selesaikan mitra dari setiap komisi dan AKD untuk kemudian nantinya kami tetapkan besok di rapat paripurna yang akan dilakukan pada hari Selasa, siang," ujar Puan.

Kendati ada tambahan dua komisi dan satu badan, Puan menegaskan, tidak ada penambahan bangunan gedung di DPR RI. Yang ada, kata dia, hanya penambahan ruang rapat yang ada untuk Komisi XII dan Komisi XIII DPR. 

"Enggak ada penambahan bangunan, tapi memang sudah disiapkan ruangan, ruang yang sudah tersedia akan tempati untuk komisi XII dan XIII. Jadi tidak ada penambahan bangunan," tegas Puan. 

"Ruangannya pokoknya di gedung DPR ini, yang dekat saja sudah ada existing," sambungnya. 

Puan mengungkapkan, Komisi XII DPR nantinya akan bermitra dengan Kementerian ESDM yang semula bermitra dengan Komisi VII. Sementara Komisi XIII akan bermitra dengan Kementerian Hukum dan Kementerian HAM yang semula bermitra dengan Komisi III sebelum Kemenkumham dipecah. 

"Komisi XII energi, ESDM, yang XIII hukum dan HAM," ungkap Puan.

Sedangkan komisi lainnya, akan bermitra dengan kementerian yang sama di periode sebelumnya. 

"Tetap," kata Puan. 

Diketahui, Presiden Prabowo Subianto telah melantik jajaran kabinet Merah Putih di Istana Negara, pagi ini. Dalam kabinet Prabowo ini, terdapat tujuh Menko, 41 menteri, dan enam pejabat setingkat menteri.