Bagikan:

YOGYAKARTA - Profil Diaz Hendropriyono menjadi perhatian publik setelah diberi mandat untuk memegang posisi Wakil Menteri Lingkungan Hidup. Pengumuman anggota Kabinet Merah Putih pemerintahan Presiden Prabowo Subianto-Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka diadakan di Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Profil Diaz Hendropriyono

Diaz Faisal Malik Hendropriyono, pria yang lahir di Jakarta pada 25 September 1978 ini, sudah populer sebagai tokoh muda yang aktif dan mempunyai pengaruh di berbagai bidang. Anak ketiga dari mantan Kepala BIN, AM Hendropriyono, ini memiliki perjalanan karier yang tak kalah cemerlang. Ia mempunyai dua kakak kandung, yaitu Diah Erwiany Hendropriyono dan Rony Hendropriyono.

Diaz menikah dengan Linda Ratna Nirmala dan dikaruniai tiga orang anak. Pendidikan Diaz berawal di Norwich Military University, Amerika Serikat, dan berhasil lulus dengan predikat Dean’s List, penghargaan yang diberikan kepada mahasiswa yang meraih IPK di atas 3,6 dan nilai minimal A- pada setiap mata kuliah.

Selain itu, ia juga tercatat sebagai bagian dalam Delta Mu Delta, sebuah penghargaan bagi 20 persen mahasiswa yang meraih peringkat akademik tertinggi. Selain itu, Diaz juga melanjutkan pendidikannya di Hawaii Pacific University dengan mengambil dua program sekaligus, yaitu Master of Business Administration dan Master of Arts in Global Leadership. Kedua gelar tersebut berhasil ia raih pada tahun 2013 dengan predikat Graduated with Honors. Deretan prestasinya di bidang akademik pun kian bertambah.

Adapun dalam dunia profesional, Diaz Hendropriyono mengawali kariernya sebagai sales di PT KIA Otomotif Indonesia pada tahun 1999-2000, di mana ia merasakan langsung dinamika bekerja di perusahaan otomotif asal Korea Selatan. Dia juga pernah berkarier sebagai analis di perusahaan konsultan publik di Amerika Serikat yang saat itu dipimpin oleh mantan Senator AS, Bennet L. Johnston.

Setelah ia pulang ke Indonesia, Diaz ditunjuk sebagai direktur di PT Ulam Sari Samudra, sebuah perusahaan distribusi produk makanan laut yang dibekukan.

Dalam dunia politik, ia juga berperan langsung, khususnya saat mendukung Joko Widodo dalam kampanye Pilpres 2014. Diaz memimpin tim sukses Kawan Jokowi dan situs Gerak Cepat Jokowi-JK, memperlihatkan kiprahnya dalam politik Tanah Air. Pada tahun 2015, Diaz diberi mandat sebagai Komisaris PT Telkomsel, salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar yang ada di Indonesia.

Pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo periode 2019-2024, Diaz dilantik sebagai anggota Staf Khusus Kepresidenan. Jabatan ini tentu memperkuat posisinya sebagai salah satu tokoh muda yang memiliki pengaruh di lingkaran pemerintahan.

Harta kekayaan Diaz Hendropriyono

Berdasarkan laporan LHKPN per 31 Desember 2019, Diaz menyimpan total kekayaan sebesar Rp169,54 miliar. Sebagian besar kekayaannya ada dalam bentuk aset tanah dan bangunan senilai Rp68,25 miliar. Ada tiga bidang tanah dan bangunan yang dilaporkan, dengan status warisan. Salah satu aset terbesar milik Diaz berlokasi di Jakarta Selatan dengan nilai mencapai Rp39,15 miliar.

Dua aset yang lain berada di luar negeri, masing-masing senilai Rp8,44 miliar dan Rp20,66 miliar. Selain itu, Diaz juga mempunyai surat berharga senilai Rp66,93 miliar serta kas dan setara kas sebesar Rp33,61 miliar.

Meskipun menyimpan kekayaan dengan nilai yang cukup besar, Diaz hanya memiliki satu unit mobil Toyota Alphard keluaran tahun 2015, dengan nilai Rp750 juta.

Demikianlah ulasan tentang profil Diaz Hendropriyono. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.