Bagikan:

SOLO - Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) menegaskan penyusunan Kabinet Merah Putih adalah prerogatif dari Presiden Prabowo Subianto. Jokowi meyakini nama-nama yang dipilih mengisi kabinet telah melalui pertimbangan yang matang.

"Semua 100% merupakan prerogatif presiden," ujar Jokowi di Solo, Jawa Tengah, pada Minggu 20 Agustus malam.

Ia juga menegaskan nama-nama yang dipilih oleh Prabowo merupakan orang-orang terbaik yang tersedia untuk membantu jalannya pemerintahan.

"Siapa pun yang terpilih pasti sudah melalui proses pertimbangan dan kalkulasi yang mendalam," tambah Jokowi.

Selain itu, Jokowi turut memberikan tanggapan positif mengenai rencana penataran kabinet baru di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah. Ia menilai langkah tersebut bertujuan untuk menyamakan visi antaranggota kabinet.

"Itu bagus, ada briefing awal untuk menyamakan visi dan mengkonsolidasi kabinet. Saya kira itu langkah yang sangat baik," ujar Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, pada Minggu malam, Presiden Prabowo Subianto secara resmi mengumumkan susunan kabinet yang akan bekerja selama 5 tahun ke depan. Kabinet yang diberi nama Kabinet Merah Putih ini terdiri dari 109 orang, yang meliputi 48 menteri dan lima pejabat setingkat menteri, serta 56 wakil menteri.