Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto berangkat ke Istana Merdeka, Jakarta, setelah dilantik untuk melepas kepergian Presiden Ke-7 RI Joko Widodo yang kini sudah purnatugas.

"Pada siang ini kita akan ke Istana untuk melepas Pak Jokowi yang akan bertolak ke Solo," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu.

Setelah itu, menurut Dasco, pihak pemerintahan yang baru akan mulai membicarakan hal teknis mengenai pengumuman kabinet.

Dasco mengatakan komposisi kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka rencananya diumumkan pada Minggu malam. "Ini masih dirancang, nanti kami kabari," katanya.

Sebelumnya, Presiden RI Prabowo Subianto resmi dilantik setelah bersumpah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dan seluruh rakyat Indonesia untuk menjalankan pemerintahan sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 untuk berbakti kepada bangsa dan negara.

Setelah pengucapan sumpah, Prabowo juga menyampaikan pidato kenegaraan pertamanya sebagai Presiden Republik Indonesia.

Prabowo menyampaikan beragam hal, mulai dari cita-cita bangsa, keberlanjutan pembangunan, hingga berterima kasih kepada para pemimpin bangsa sebelumnya.​​​​​​​

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI masa bakti 2024–2029 pada sidang paripurna MPR RI yang dihadiri sebanyak 732 anggota.