Bagikan:

JAKARTA - Kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat semakin dipadati masyarakat pada Minggu, 20 Oktober Siang. Sekitar pukul 10.20 WIB, sejumlah masyarakat kembali berdatangan dari berbagai penjuru wilayah dan berkumpul di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Dari pantauan VOI, sejumlah masyarakat datang secara berkelompok, satu keluarga hingga perorangan ke kawasan Bundaran HI untuk menyaksikan parade kirab Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Kurangnya kantong parkir resmi yang tersedia memaksa masyarakat yang hadir untuk memarkirkan kendaraannya disembarang tempat.

"Ayo parkir, parkir, parkir. Aman parkir disini saja, disana (sambil menunjuk arah Bundaran HI) penuh tidak ada tempat parkir," kata juru parkir liar dadakan mengarahkan para pengendara motor untuk menitipkan kendaraan di bahu jalan.

Ratusan motor juga terlihat terparkir di bahu Jalan Agus Salim dan ruas jalan penghubung lainnya ke arah Bundaran HI.

"Parkir Rp 10 ribu, pak. Semua rata bayar Rp 10 ribu. Aman kok," ujar preman tersebut.

Ironisnya, di sekitar tempat parkir liar yang ada di kawasan Bundaran HI, Jalan Agus Salim dan Jalan Imam Bonjol juga terdapat sejumlah aparat keamanan. Namun praktik parkir liar tersebut tidak dilakukan penindakan.

Azam, salah pengendara motor mengeluhkan banyaknya praktik parkir liar yang dimanfaatkan sejumlah oknum untuk mengais keuntungan.

"Ini gimana sih konsepnya. Ini kan pesta rakyat, harusnya semua gratis. Mau nonton kirab malah harus bayar parkir Rp 10 ribu. Parkir liar lagi. Aparat harus bertindak," keluh Azam.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan 26 kantong parkir bagi masyarakat yang berkunjung saat pesta rakyat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Minggu, 20 Oktober 2024.

"Kami menyediakan 26 titik lokasi parkir di sekitar panggung rakyat dan rute atau lintasan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029 pada Minggu nanti demi kelancaran bersama," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Syafrin menyebut, pihaknya menyediakan sebanyak 29.155 Satuan Ruang Parkir (SRP) yang terdiri dari 17.583 SRP sepeda motor, 21.390 SRP mobil dan 182 SRP untuk bus.