Bagikan:

JAKARTA - Militer Israel mengklaim membunuh seorang komandan Hamas yang memimpin operasi drone kelompok militan tersebut di Gaza utara.

Mahmoud al-Mabhouh disebut mengarahkan serangan pesawat tak berawak ke wilayah dan pasukan Israel.

Selama lebih dari seminggu, militer Israel melakukan serangan intensif di utara Palestina setelah melancarkan operasi darat baru, dengan alasan tanda-tanda kebangkitan kembali Hamas.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan mereka telah “melenyapkan” 50 militan dalam pertemuan jarak dekat dan serangan udara di Jabalya di Gaza utara selama beberapa hari terakhir.

Di tempat lain, di wilayah Rafah selatan, “sel teroris bersenjata yang berencana menyerang pasukan IDF dibasmi dengan menggunakan drone,” kata militer dilansir CNN, Rabu, 16 Oktober.

PBB telah memperingatkan Israel karena menutup Jalur Gaza bagian utara dan mungkin melakukan pemindahan paksa dalam skala besar terhadap warga sipil, yang menurut PBB merupakan kejahatan perang.

Hal ini terjadi ketika Israel telah memblokir semua makanan memasuki Gaza utara sejak awal bulan ini, menurut Program Pangan Dunia.