Bagikan:

JAKARTA - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta nomor urut 2, Dharma Pongrekun dan Kun Wardana (Dharma-Kun), mengintegrasikan konsep adab dalam setiap visi dan misi mereka untuk memimpin Jakarta selama lima tahun mendatang.

Dharma menyatakan pada debat Pilkada DKI Jakarta, penguatan sumber daya manusia Jakarta sebagai kota global yang adil tidak bisa tercapai tanpa adab.

"Penguatan sumber daya manusia Jakarta sebagai kota global berkeadilan, tanpa adab maka keadilan tidak ada," kata Dharma di Jakarta, Minggu, saat debat perdana Pilkada DKI Jakarta, seperti dikutip Antara.

Menurutnya, adab merupakan fondasi penting dalam kepemimpinan, sebab keadilan tidak dapat terwujud tanpa adanya adab.

Visi utama Dharma-Kun menjadikan Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional dan global yang aman melalui reformasi jati diri, sehingga rakyat dapat hidup dengan adab yang membawa kemakmuran.

Misi mereka terdiri dari tujuh poin utama, antara lain:

  1. Mewujudkan transformasi Jakarta sebagai pusat keunggulan di tingkat nasional, regional, dan global yang aman dan beradab.
  2. Melakukan reformasi regulasi dan tata kelola dengan fokus pada kesehatan melalui pengobatan preventif.
  3. Mengembangkan inovasi tata ruang untuk mengatasi kemacetan dengan mendorong penelitian dan pengembangan.
  4. Mengakselerasi Jakarta sebagai pusat ekonomi nasional yang terintegrasi melalui pemberdayaan UMKM dan pariwisata.
  5. Menanggulangi banjir dengan manajemen air yang komprehensif, seperti manajemen air hujan, sungai, waduk, dan kanal.
  6. Menguatkan konektivitas informasi dengan mendorong transformasi sumber daya manusia yang beradab, kreatif, dan profesional.
  7. Mendorong reformasi teknologi yang hemat energi dan relevan untuk mendukung strategi samudera biru dan bioekonomi sebagai pendorong utama ekonomi Indonesia.

Debat tersebut diselenggarakan oleh KPU DKI Jakarta di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, dengan tema "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global".

Selain Dharma-Kun, debat ini juga diikuti oleh pasangan calon nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), dan nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel). Debat selanjutnya dijadwalkan pada 27 Oktober dan 17 November 2024.