Cuaca Ekstrem Hujan Deras dan Angin Kencang, Puluhan Pohon Tumbang di Makassar
Pohon tumbang di Makassar Sulsel (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Sulawesi Selatan menangani puluhan pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar Iman Hud mengatakan, puluhan pohon tumbang karena cuaca sangat ekstrem.

"Kami cukup kewalahan dengan jumlah tenaga yang terbatas, tapi kami bertekad untuk menuntaskan semua pohon tumbang itu supaya tidak mengganggu akses warga, apalagi yang tertimpa, baik mobil maupun rumah warga," ujarnya dikutip Antara, Jumat, 2 April

Iman mengatakan, sejak pohon tumbang terjadi Jumat subuh. Ada 10 lokasi yang langsung dibersihkan.

Beberapa di antaranya, pohon peninggalan zaman penjajahan Belanda yang terletak di depan rumah jabatan Gubernur Sulsel, Jalan Sungai Tangka, kemudian di Jalan Rajawali depan rumah jabatan Kepala Stasiun RRI Makassar. Ada juga pohon tumbang di Taman Macan, Jalan Raya Pendidikan, Landak Baru dan Jalan Dangko.

"Lebih dari 40 titik lokasi pohon tumbang dan ada satu lokasi itu lebih dari satu titik. Tapi kami berupaya maksimal menangani semua itu," katanya.

Menurutnya, penanganan pohon tumbang tidak bisa langsung sekaligus karena keterbatasan sumber daya manusia dan juga peralatan.

"Memang kita akui bahwa penanganan ini tidak cepat secapat harapan masyarakat, paling tidak kami bekerja maksimal dengan segenap kemampuan kami. Di saat bersamaan, juga ada posko pengangan pohon tumbang, tidak bisa diselesaikan, bertahap diselesaikan," terangnya.