Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap Komisi III DPR RI bisa memilih sosok pimpinan dan dewan pengawas terbaik. Sehingga ke depan, mereka yang mengemban amanat bisa menjadi nahkoda dalam upaya memberantas korupsi.

Hal ini disampaikan Juru Bicara KPK Tessa Mahardika menanggapi pengumuman nama calon pimpinan dan dewan pengawas yang sudah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk disampaikan ke DPR RI.

“Harapannya adalah setelah diserahkan nama-nama 10 orang ini, para wakil rakyat terutama di Komisi III dapat memilih yang terbaik dari yang terbaik dari 10 orang ini,” kata Tessa kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu, 2 Oktober.

Tessa mengatakan semua orang pasti punya harapan yang sama bagi pimpinan dan dewan pengawas di periode mendatang. “Kita semua menginginkan sosok nahkoda di lembaga ini yang kredibel, yang memiliki integritas, dan dapat membawa kapal berupa lembaga ini mengarungi gelombang,” tegasnya.

“Gelombang perlawanan koruptor, gelombang pemberantasan dan itu tidak mudah,” sambung juru bicara berlatar belakang penyidik tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menyerahkan masing-masing 10 nama calon pimpinan dan dewan pengawas ke DPR RI. Seluruh nama itu kemudian akan melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper.

“Kami pada akhirnya memutuskan untuk mengirim 10 nama calon pimpinan dan 10 calon dewas kepada Pak Presiden. Dan alhamdulillah, Pak Presiden akan meneruskan nama-nama tersebut ke DPR,” kata Wakil Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK Arief Satria kepada wartawan di Gedung Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta, Selasa, 1 Oktober.

Berikut adalah nama calon pimpinan yang sudah diserahkan kepada Presiden Jokowi:

1. Agus Joko Pramono

2. Ahmad Alamsyah Saragih

3. Djoko Poerwanto

4. Fitroh Rohcahyanto

5. Ibnu Basuki Widodo

6. Ida Budhiati

7. Johanis Tanak

8. Michael Rolandi Cesnanta Brata

9. Poengky Indarti

10. Setyo Budiyanto

Sementara untuk 10 nama calon dewan pengawas adalah sebagai berikut:

1. Benny Jozua Mamoto

2. Chisca Mirawati

3. Elly Fariani

4. Gusrizal

5. Hamdi Hassyarbaini

6. Heru Kreshna Reza

7. Iskandar Mz

8. Mirwazi

9. Sumpeno

10. Wisnu Baroto