Bagikan:

JAKARTA - Wacana penambahan komisi di DPR seiring bakal bertambahnya kementerian pada pemerintahan Prabowo Subianto sepertinya akan terwujud. Terbaru, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eko Patrio membocorkan wacana komisi di DPR yang sebelumnya 11 akan bertambah menjadi 13.

"Ada wacana bahwa katanya dari 11 komisi yang ada menjadi 13 komisi," katanya seusai pelantikan anggota DPR periode 2024-2029, Selasa kemarin.

Eko juga menjelaskan penambahan komisi ini akan bertambah karena ada nomenklatur kementerian/lembaga pada pemerintahan Prabowo Subianto. Ia mengaku belum mengetahui pecahan apa saja pada komisi tersebut.

"Bisa saja misalnya begini, hukum dan HAM. Mungkin bisa jadi hukum di komisi berapa, HAM-nya di komisi berapa. Atau misalnya menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, pariwisatanya di mana, ekonomi kreatifnya apakah berbentuk kementerian atau berbentuk badan," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua DPR periode 2019–2024 Puan Maharani mengatakan wacana penambahan komisi di DPR sedang dimatangkan menyusul adanya rencana penambahan kementerian pada kabinet pemerintahan Prabowo Subianto setelah calon presiden terpilih ini menjadi presiden.

Menurut Puan, kemungkinan penambahan komisi di DPR agar bisa memperkuat kemitraan antara pemerintah dan legislatif. "Jadi, itu sedang kami godok dan kami laksanakan ya sesuai dengan mekanismenya," kata Puan di kompleks parlemen, pekan lalu.