Bagikan:

TANGERANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih membuka pintu pendaftaran penerimaan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pilkada serentak 2024 hingga Sabtu, 28 September, pukul 23.59 WIB.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Tangsel, Heni mengatakan hingga hari ini sudah 8.715 orang yang sudah mendaftar dari 14.420 personel KPPS yang dibutuhkan.

“Masih kurang 5.705, jika dipersentasekan capaian baru 60 persen,” kata Heni Lestari saat dihubungi, Jumat, 27 September.

Heni menilai tingkat pendaftar untuk menjadi KPPS masib terlalu rendah. Karena baginya, masih banyak pendaftar yang sudah mengambil formulir, namun belum mengembalikan berkas secara lengkap.

Oleh sebab itu, Heni telah meminta tim dari panitia pemungutan suara (PPS) melakukan pola jemput bola berkaitan dengan tes kesehatan yang menjadi salah satu administrasi kelengkapan persyaratan pendaftaran anggota KPPS.

“Kami sudah kerjasama dengan dinkes untuk percepatan uji kesehatan memanggil layanan kesehatan untuk membuka posko di PPS maupun kelurahan masing-masing,” terangnya.

Selain itu, Heni juga menuturkan soal kendala lainnya dalam memenuhi kebutuhan personel KPPS. Menurutnya, bila calon pendaftar rata-rata berisikan pekerja dan mahasiswa, sehingga mereka hanya dapat meluangkan waktunya saat hari libur saja.

Terlebih proses pendaftaran anggota KPPS, jika di hari kerja hanya sampai pukul 16.00 WIB. “Mudah-mudahan di hari akhir dapat mencapai 100%, karena di hari libur kita buka sampai pukul 23.59 WIB,“ ungkapnya