Bagikan:

CIANJUR - Polisi memastikan bocah laki-laki atas nama Ujib (14) yang videonya viral terjebak di tengah sungai berarus deras berhasil diselamatkan, Kamis 26 September.

Kapolsek Cikalongkulon AKP Arip Titim mengatakan, peristiwa ini berawal korban bersama lima temannya sedang berenang di Sungai Cikundul yang debit airnya tiba-tiba deras dan tinggi.

"Lima orang teman korban berhasil berenang ke tepi, sedangkan korban yang sudah berada agak ke tengah memilih menyelamatkan diri ke atas batu di tengah sungai ketika debit air tiba-tiba besar," katanya di Cianjur Jumat 27 September, disitat Antara.

Korban warga Desa Padajaya, Kecamatan Cikalongkulon sempat terjebak selama dua jam di atas batu di tengah sungai hingga akhirnya dievakuasi petugas dengan memasang sejumlah tali dan ban dalam bekas agar dapat digapai korban.

Awalnya petugas sempat kesulitan mencapai posisi korban yang berada di tengah sungai dengan arus deras serta debit air yang terus bertambah tinggi, butuh waktu hingga dua jam untuk mengevakuasi korban ke pinggir sungai.

"Korban sempat dibawa ke puskesmas setempat guna memastikan kondisi kesehatannya, untuk proses evakuasi butuh waktu dua jam karena arus sungai dapat mengancam keselamatan petugas, sehingga beberapa cara dilakukan," katanya.

Seiring tingginya curah hujan pihaknya meminta warga terutama yang tinggal di sepanjang sungai yang ada di Cianjur untuk tidak melakukan aktifitas terutama berenang guna menghindari hal yang tidak diinginkan terutama yang dapat mengancam keselamatan jiwa.

"Bagi orang tua juga diminta untuk mengawasi anak-anaknya agar tidak berenang di sungai seiring cuaca yang tidak menentu saat ini, karena debit air sungai dapat tiba-tiba tinggi dan deras," katanya.

Sementara video viral yang tersebar di media sosial seorang bocah terjebak di tengah sungai yang meluap dan berarus deras, beruntung bocah laki-laki berusia 14 tahun itu berhasil diselamatkan setelah 2 jam lebih bertahan di atas batu di tengah sungai.