Bagikan:

JAKARTA - Sebagian besar kota-kota besar di Indonesia berpotensi mengalami hujan, Kamis 26 September dengan intensitas ringan, sedang sampai hujan disertai petir, menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).  

Dalam prakiraan cuaca daring dikutip ANTARA, Prakirawan BMKG Andika Hapsari menjelaskan potensi hujan di sejumlah wilayah Sumatera termasuk di Padang, Medan, Tanjung Piang, Palembang dan Pangkal Pinang.  

Dia juga mengatakan hujan intensitas sedang dapat terjadi di wilayah Bandar Lampung dan Bengkulu serta hujan petir di Jambi. Sementara itu, Banda Aceh akan mengalami kondisi berawal tebal dan udara kabur di Pekanbaru.

Untuk wilayah Pulau Jawa, jelasnya, potensi hujan intensitas ringan dapat terjadi di daerah Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya dengan hujan disertai petir dialami wilayah Kota Serang dan sekitarnya.

Hujan juga diprakirakan BMKG dapat turun di wilayah Mataram dan Denpasar, dengan Kupang akan mengalami kondisi cuaca berawan tebal.

Di Pulau Kalimantan, BMKG mengatakan adanya potensi hujan ringan di Pontianak, Palangka Raya dan Banjarmasin serta hujan petir di daerah Tanjung Selor. Untuk Kota Samarinda diprakirakan dapat mengalami kondisi berkabut.

Dia mengatakan kondisi hujan ringan juga terjadi di wilayah Makassar, Palu dan Manado disertai hujan petir di Mamuju. Sementara itu, Kendari mengalami cuaca berawan dan udara kabur di Gorontalo.

Untuk wilayah timur Indonesia, BMKG memprakirakan hujan ringan terjadi di Ambon, Ternate, Manokwari, Jayawijaya dan Merauke dengan hujan intensitas sedang berpotensi turun di Nabire dan Jayapura serta hujan petir di Sorong.