Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca nasional untuk Senin 29 Januari 2024. Prakirawan Syndhy Indah Pratiwi mengatakan, mayoritas kota-kota besar di Tanah Air diprediksi hujan ringan, sedang, hingga hujan disertai petir.

Di Pulau Sumatera, hujan ringan diprediksi terjadi di Kota Tanjung Pinang, Padang, Jambi, Pangkalpinang, Bengkulu, dan Bandar Lampung. Hujan sedang di Kota Banda Aceh, dan cuaca berkabut di Kota Pekanbaru dan Palembang.

“Di Pulau Jawa, hujan ringan terjadi di Kota Jakarta dan Semarang. Hujan sedang di Kota Serang dan Yogyakarta, sementara hujan disertai petir di Kota Bandung dan Surabaya,” ujar Syndhy, Senin 29 Januari.

Di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, hujan ringan bakal mengguyur Kota Denpasar, Mataram dan Kupang.

Di Pulau Kalimantan, cuaca berawan di Kota Tanjung Selor dan Samarinda. Hujan ringan di Kota Palangkaraya, dan hujan disertai petir di Kota Pontianak dan Banjarmasin.

Di Pulau Sulawesi, hujan ringan di Kota Manado, Gorontalo, Mamuju, Palu dan Makassar. Sedangkan hujan sedang di Kota Kendari.

Di Kepulauan Maluku dan Papua, hujan ringan di Kota Ambon dan Manokwari. Hujan sedang di Kota Ternate dan Jayapura.

Selain itu, suhu udara di kota-kota besar Tanah Air berkisar antara 18 hingga 33 derajat celsius, dengan kelembapan udara antara 55 hingga 100 persen.