Bagikan:

JAKARTA - PSSI menjalin kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) demi percepatan prestasi sepak bola Indonesia.

Konsistensi dalam pembinaan terstruktur di berbagai level usia menjadi dasar PSSI berkolaborasi dengan KNVB.

"Ini kelanjutan dari pertemuan pada Mei 2024, yakni PSSI dan KNVB sepakat untuk mengembangkan hubungan lebih kuat antara asosiasi masing-masing untuk keuntungan bersama, perkembangan promosi, dan kesuksesan sepak bola yang berkelanjutan di setiap negara."

"Indonesia tentu yang akan banyak belajar. Saya senang karena KNVB siap membantu dan memberikan apa yang kami butuhkan," ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, pada Rabu, 25 September 2024, di Jakarta.

PSSI lebih lanjut optimistis kerja sama dengan KNVB tersebut bisa membuat banyak pemain berbakat Tanah Air berkembang pesat.

"Salah satu poin dari kemitraan ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman Timnas Indonesia di semua kelompok umur, baik putra maupun putri."

"Dengan fokus utama pada peningkatan kualitas pemain bertalenta dan berusia muda, kami optimistis akan banyak pemain berbakat Indonesia kian berkembang melalui kerja sama ini," tutur Erick Thohir lagi.

Pada penandatanganan nota kesepahaman (MoU), KNVB diwakili Gijs de Jong selaku Sekretaris Jenderal, Michael van der Star (Head of International Program & WorldCoaches), dan Ruud van der Sar (Head of Sales, New Partnership).

Selain pengembangan sepak bola, kerja sama tersebut juga untuk mempromosikan sepak bola di berbagai level internasional.

PSSI dan KNVB akan rutin mempertemukan tim nasional dalam laga-laga persahabatan. Selain itu, kemitraan tersebut juga untuk pendidikan pelatih sepak bola Indonesia.