Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengapresiasi pembebasan Pilot Susi kapten Philip Mark Mehrtens yang disandera selama lebih dari satu setengah tahun oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM). Prabowo bersyukur karena penyelesaian pembebasan tersebut dilakukan tanpa adanya kekerasan.

"Ya kita bersyukur ya tentu saja penyelesaian yang baik tanpa kekerasan," ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 25 September.

Menurut Prabowo, pendekatan negosiasi dan dialog dalam upaya pembebasan tersebut merupakan sesuatu hal yang penting. Dia menambahkan, pembebasan tanpa kekerasan tersebut merupakan hasil kerja sama semua pihak.

"Unsur yang membantu, bersyukur sudah lepas. Kita selalu ingin melaksanakan pendekatan yang baik, untuk mencari jalan yang baik melalui perundingan, negosiasi, dan sebagainya," tegas Prabowo.

Diketahui, Philip disandera oleh kelompok OPM pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023. Dia disandera setelah disergap saat mendaratkan pesawat Susi Air yang ia awaki di Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Setelah satu tahun lebih, Philip akhirnya berhasil dibebaskan dan dijemput tim gabungan TNI-Polri di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, pada Sabtu pekan kemarin.